Wisatawan mancanegara antusias mengikuti fashion show pakaian khas Buton Sulawesi Tenggara, Minggu (3/9/2023).
Sumber :
  • jamil azali

Menengok Keseruan Puluhan Wisman Fashion Show Kain Tenun Khas Buton

Minggu, 3 September 2023 - 15:19 WIB

Buton, tvOnenews.com - Puluhan wisatawan asing dari 17 negara mengikuti lomba fashion show dengan kostum tradisional menggunakan kain tenun khas Buton di Pasarwajo, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara. Berbagai gaya ala model ditampilkan peserta menambah keseruan lomba di Festival Teluk Pasarwajo yang digelar Minggu siang (3/9/2023).

Sebelum mengikuti lomba, para wisatawan asing ini melakukan persiapan dengan mengenakan kostum tradisional yang berbahan kain tenun khas daerah eks Kesultanan Buton. Sejumlah pemandu membantu mereka mengenakan kostum dengan benar.

Berbagai gaya ala model ditampilkan para peserta lomba yang didominasi wisatawan lanjut usia membuat heboh para penonton. Meski sudah berusia lanjut, namun lenggak-lenggok mereka tak kalah lincah dengan model sungguhan.

Hal ini menambah suasana lomba semakin seru. Gelak tawa dan teriakan para penonton terdengar riuh mewarnai jalannya lomba. Untuk menambah keakraban, para wisatawan manca negara ini turut didampingi gadis-gadis lokal yang merupakan guide atau pemandu mereka selama berada di Buton.

Para wisatawan inipun merasa sangat bangga ikut terlibat dalam kegiatan pelestarian budaya di Buton, salah satunya Saskia, wanita asal inggris ini merasa  sangat senang dengan keramahan masyarakat Buton yang menjunjung tinggi nilai-nilai budaya.

"Saya merasa sangat senang ikut fashion show ini, ini kegiatan yang sangat menggembirakan,” ujar Saskia.

Saskia juga merasa kagum dengan keindahan kain tenunan masyarakat Buton yang kelestariannya tetap dijaga hingga sekarang.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:03
00:58
07:10
03:08
07:10
01:19
Viral