Rumah warga Tana Toraja rusak parah akibat terjanga angin puting beliung, Minggu (17/12/2023).
Sumber :
  • joni tonapa

2 Rumah dan 2 Lumbung Padi di Toraja Utara Porak Poranda Dihantam Angin Puting Beliung

Minggu, 17 Desember 2023 - 17:55 WIB

Toraja Utara, tvOnenews.com – Empat unit bangunan milik warga di Lembang Buntu Lobo, Kecamatan Sesean, Kabupaten Toraja Utara, Provinsi Sulawesi Selatan, porak poranda akibat diterjang angin puting beliung.

"Iya benar angin yang disertai hujan deras tersebut dengan cepat merubuhkan dua lumbung padi dan dua rumah tinggal akibat tertimpa pohon tumbang yang posisinya berada dekat dari rumah warga," terang Martinus Ruru, Kepala Lembang Buntu Lobo' kepada tvOnenews.com (Minggu, 17/12/2023).

Tingginya intensitas hujan disertai angin kencang yang terjadi sejak beberapa hari terakhir, membuat sejumlah pohon bambu dan kayu-kayu besar tumbang di wilayah Lembang Buntu Lobo’ Tumbang. Akibatnya lumbung yang biasanya digunakan warga untuk menyimpan padi rubuh.

Selain merusak dua lumbung padi, angin puting beliung juga membuat rumah tinggal milik warga porak-poranda, membuat warga sekitar panik dan berlarian menyelamatkan diri ketempat yang lebih aman.

Untuk mengangkat padi yang rusak terkena air hujan dan memperbaiki rumah rubuh, pemerintah Lembang (Desa) Buntu Lobo’ dibantu personil TNI Kodim 1414 Tana Toraja, berusaha menyingkirkan batang pohon yang menimpa lumbung dan bangunan rumah menggunakan gergaji mesin.

Selain itu, angin puting beliung di Lembang Buntu Lobo’ juga merubuhkan sejumlah tiang listrik, akibatnya ratusan rumah di wilayah tersebut saat ini tak mendapatkan pasokan listrik, warga berharap pemerintah daerah dan petugas PLN segera turun tangan melakukan perbaikan.

“Kami berharap jika memang ada bantuan dari dinas terkait bisa turun melihat kondisi warga, juga kalau bisa pihak PLN segera melakukan perbaikan agar listrik di wilayah ini bisa kembali menyala," ungkap Martinus Ruru.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
13:32
06:34
05:09
01:34
02:08
01:24
Viral