Warga mulai mengeluhkan harga kebutuhan pokok rumah tangga yang naik signifikan jelang ramadhan..
Sumber :
  • Jamil Azali

Harga Kebutuhan Pokok di Baubau Merangkak Naik Jelang Ramadhan

Selasa, 5 Maret 2024 - 00:02 WIB

Baubau, tvOnenews.com - Harga sejumlah kebutuhan pokok di sejumlah pasar tradisional di Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, mulai mengalami kenaikan menjelang datangnya bulan suci Ramadhan. Kenaikan harga tertinggi terjadi pada beras, cabe merah, telur ayam dan gula merah.

Dari pantauan harga di dua pasar di Kota Baubau, harga beras sudah mulai mengalami kenaikan sejak sebulan terakhir kini berada di kisaran harga Rp 15 ribu perkilogram untuk beras kualitas medium, dimana harga sebelumnya hanya Rp 10 Ribu perkilogramnya.

Sementara untuk beras premium atau beras kepala yang semula seharga Rp 14 Ribu perkilogram, kini tembus hingga Rp 18 Ribu perkilogramnya. Bahkan dalam sebulan terakhir sudah beberapa kali terjadi kenaikan harga beras.

"Semua harga kebutuhan pokok ini naik, mulai dari beras, telur dan lain-lain, gula merah paling naik harganya karena ini sudah mau masuk bulan puasa, " terang Takdir, salah satu pedagang di pasar Karya Nugraha di Kota Baubau, saat ditemui pada Senin (4/3/2024).

Selain beras, harga bahan pangan yang juga mengalami kenaikan yang cukup tinggi terjadi pada telur ayam, gula merah dan cabe merah. Untuk telur ayam yang semula seharga Rp 52 ribu persatu rak (30 butir telur) kini naik hingga Rp 70 Ribu, sedangkan gula merah yang semula hanya seharga Rp 15 ribu perbungkus isi dua biji kini naik hingga Rp 40 Ribu rupiah. Sementara cabe merah yang semula seharga Rp 50 Ribu perkilogramnya kini tembus hingga Rp 80 Ribu perkilogramnya.

Kenaikan harga kebutuhan pokok  juga terjadi pada sayur mayur sepekan menjelang bulan Ramadhan ini. Kenaikan harga ini diprediksi masih akan terus mengalami kenaikan hingga menjelang hari raya Idul Fitri nanti. 

 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
03:49
01:14
08:35
01:28
01:58
Viral