Material bekas banjir menumpuk di sekitar lokasi pemukiman warga yang masih terendam banjir..
Sumber :
  • Jamil Azali

Sudah Sepekan Puluhan Rumah di Desa Lasembangi Buton Terendam Banjir, Warga Beraktivitas Gunakan Rakit

Minggu, 5 Mei 2024 - 12:31 WIB

Buton, tvOnenews.com - Sudah sepekan puluhan rumah warga di Desa Lasembangi, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara, terendam banjir. Ketinggian air yang mencapai 1,5 meter membuat warga terpaksa beraktivitas menggunakan rakit.

Setiap tahun desa Lasembangi sudah menjadi langganan banjir yang mengakibatkan puluhan rumah yang dihuni lebih dari 20 Kepala Keluarga terendam banjir bahkan hingga berhari-hari tak kunjung surut.

Menurut Kepala Desa Lasembangi, Sabaparta, banjir yang terjadi tidak hanya merendam puluhan rumah warga, namun juga mengakibatkan kekhawatiran terhadap kawananan buaya yang kerap berkeliaran di permukiman warga saat banjir melanda.

"Banjirnya ini sudah seminggu tapi mulai parah ini sudah 4 hari, kalau kita masuk ke dalam kampung ketinggian air bisa sampai batas dada orang dewasa bahkan lebih, nah yang jadi kekhawatiran warga ini setiap banjir selalu datang kawanan buaya, biasa itu di bawah kolong rumah warga, makanya warga di sini selalu beraktivitas menggunakan rakit papan karena itu tadi mereka takut buaya," terang Sabaparta, saat ditemui di lokasi banjir, Sabtu (4/5/2024).

Lanjut Sabaparta, eelain akibat intensitas hujan yang tinggi, banjir yang merendam puluhan rumah warga di desanya juga disebabkan terjadinya pendangkalan sungai, selain itu diperparah aktivitas pembalakan liar di kawasan hutan lindung yang menyebabkan batang-batang kayu berukuran besar yang hanyut terbawa arus bertumpuk di bawah jembatan hingga menyumbat aliran sungai.

"Keinginan masyarakat disini agar sungai ini dikeruk supaya air sungai tidak meluap sampai ke permukiman dan terkait pembalakan liar yang juga menjadi salah satu penyebab banjir kami berharap instansi terkait khususnya Kehutanan dan kepolisian agar lebih jeli melihat aktivitas pembalakan liar ini perlu ditindaki," pungkasnya. 

(jai/asm) 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:52
00:44
03:48
01:02
01:32
04:19
Viral