Banjir yang Menggenangi Salah Satu Ruas Jalan di Jeneponto.
Sumber :
  • Andi Wahyudi

Diguyur Hujan Deras, Sejumlah Ruas Jalan Propinsi di Jeneponto Tergenang Banjir Akibat Buruknya Drainase

Jumat, 21 Januari 2022 - 05:35 WIB

Jeneponto, Sulawesi Selatan - Hujan lebat yang terjadi selama tiga hari berturut turut dan buruknya drainase mengakibatkan di sejumlah ruas jalan utama di Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan tergenang banjir. Genangan merata di empat titik ruas jalan provinsi dengan kisaran 10 sampai 50 centimeter.

Dari pantauan tvonenews.com, Kamis, (20/1/2022) malam, genangan banjir tersebut terjadi  di ruas jalan poros utama penghubung antara Kabupaten Jeneponto dengan Kabupaten Bantaeng masing-masing di Kampung Pacceko, Kawasan Kabbonga, Jalan Sultan Hasanuddin dan Jalan Pahlawan tepatnya di depan Pasar Induk Karisa.

Banyak pengendara utamanya pengguna sepeda motor yang nekat melintasi jalan tersebut, mogok sehingga menyebabkan antrean panjang.

Kondisi ini pun membuat petugas dari Dinas Perhubungan Kabupaten Jeneponto mengalihkan arus lalulintas atau memberhentikan sementara kendaraan khususnya pengguna sepeda motor sambil menunggu air surut.

Pengalihan kendaraan dan pemberhentian arus lalulintas dilakukan petugas pada pukul 18.30 WITA.

"Kita lihat kondisi sekarang ini, airnya naik lagi, tentunya ini akan mengganggu arus lalulintas, oleh karenanya kami bersama anggota dari Dinas Perhubungan melakukan pengalihan kendaraan untuk sementara," jelas Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Kabupaten Jeneponto, Muhammad Nur Arifin, yang dijumpai di lokasi banjir.

Pihaknya pun tak menampik bila banjir terjadi karena saluran drainase tidak lancar. Diduga drainase berukuran kecil dan tersumbat sampah atau lumpur yang tak sanggup menampung debit air hujan. Akibatnya air meluber hingga ke permukaan jalan.

"Kami melihat beberapa saluran saluran kita ini tersumbat dan tentunya ini akan dilakukan perbaikan perbaikan," jelasnya.

Sejak Selasa, (18/1/2022) daerah Kabupaten Jeneponto diguyur hujan merata terjadi di semua wilayah, hingga Kamis petang hujan masih mengguyur daerah yang berjuluk Butta Turatea itu. (andi wahyudi/ade)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
25:54
04:20
00:52
02:08
02:13
01:10
Viral