Antrian mengular di pangkalan BBM Jalan veteran, Selayar.
Sumber :
  • TIm Tvone-Arsil Ihsan

Krisis BBM di Selayar, Pertamina: Ada Gangguan Distribusi Karena Terkendala Cuaca

Jumat, 21 Januari 2022 - 15:39 WIB

Makassar, Sulawesi Selatan – Pasokan bahan bakar minyak (BBM) untuk warga Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan yang biasanya diangkut oleh kapal tangker belum tiba di Kepulauan Selayar. Akibatnya pada Jumat (21/1/2022), Kepulauan Selayar mengalami krisis BBM, di mana tiga pangkalan agen pengisian resmi Pertamina, menyatakan kehabisan stok bahan bakar. Menanggapi hal ini, pihak Pertamina membenarkan adanya gangguan distribusi ke wilayah Kepulauan Selayar akibat terkendala cuaca.

“Iya memang betul untuk wilayah Kepulauan Selayar, dikarenakan cuaca yang sudah diprediksi oleh BMKG, terdapat gangguan distribusi karena kapal kami tidak diijinkan oleh Syahbandar untuk berlayar ke Selayar,” terang Taufiq Kurniawan, Senior Spv Communication and Relation, Pertamina Regional Sulawesi.

Taufiq juga menambahkan, bahwa pihak Pertamina sudah meminta bantuan semua pihak, termasuk ASDP untuk bisa segera mengangkut mobil mobil tangki BBM untuk bisa melewati laut ke Selayar. Selama ini untuk pasokan distribusi di sana, Pertamina berkoordinasi dengan pemerintah daerah, kepolisian dan pihak pihak lainnya untuk mengamankan stok BBM di Kepulauan Selayar.

“Info terakhir mobil tangki sedang dalam proses perjalanan menuju ke Kepulauan Selayar per hari ini,” ujar Taufiq.

Pantauan tvonenews.com di pangkalan penjualan BBM di Jalan Veteran, Benteng, Kepulauan Selayar, sejak Jumat (21/1/2022) pagi, ratusan pengendara motor dan mobil terlihat antri menunggu giliran diisi, dengan batas pembelian dari petugas.

“Stok bahan bakar terakhir dijual pada Jumat (21/1/2022) siang ini di agen penjualan Jalan Veteran, Benteng, dengan penjualan terbatas. Untuk motor maksimal pembelian 30 ribu per motor dan 100 ribu  untuk mobil, sementara kita masih menunggu pasokan dari Makassar yang kapal tangker pengangkutnya terhalang cuaca buruk,” jelas Irna Ningsih, transportir BBM Pertamina, di Pangkalan Pertamina Veteran Selayar.

Kepada tvonenews.com, Irna Ningsih menjelaskan kalau kebutuhan bahan bakar selama ini dipasok dari Pertamina Makassar ke Kepulauan Selayar dengan menggunakan kapal tangker, dua kali sebulan.  Namun saat cuaca buruk di perairan Kepulauan Selayar, tangker sudah sepekan lebih tidak datang membawa pasokan BBM kuota warga Selayar.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:49
01:46
04:06
01:58
01:04
09:13
Viral