Kopra dan turunan kelapa lainnya, komoditas ekspor asal Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dengan nilai tertinggi.
Sumber :
  • Tim Tvone-Marwan Diaz

Produk Turunan Kopra Jadi Komoditas Primadona Ekspor Sulut

Sabtu, 22 Januari 2022 - 11:28 WIB

Manado,Sulawesi Utara - Badan Karantina Pertanian melalui Karantina Pertanian Manado mencatat produk turunan kelapa, berupa kopra, minyak kelapa mentah, minyak kelapa dan bungkil kelapa asal Sulawesi Utara (Sulut) pada 2021 membukukan nilai ekspor hingga 4 triliun rupiah. Dari data lalu lintas pertanian pada sistem IQFAST Barantan, kopra dan turunan kelapa lainnya tercatat sebagai komoditas ekspor asal Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dengan nilai tertinggi.

"Harga beli di tingkat petani juga cukup bagus dan tentunya ini menjadi kabar baik para petani kopra," kata Kepala Karantina Pertanian Manado, Donni Muksidayyan Saragih,melalui siaran pers Jumat (21/01/2022) kemarin.

Menurutnya, harga beli komoditas kopra mengikuti tren harga global. Di penghujung tahun 2021 harga kopra sempat mencapai Rp14.000,-/kg. Meningkatnya harga bahan baku minyak kelapa ini, menjadikan kopra sebagai primadona di kalangan petani lokal.

Permintaan ekspor komoditas ini terus menunjukan tren peningkatan, untuk memenuhi tingginya permintaan kopra. Selain dari Sulut, kopra juga banyak didatangkan dari berbagai daerah, antara lain di Kepulauan Maluku Utara, Gorontalo, dan Sulawesi Tengah. Kopra dilalulintaskan melalui jalur laut, salah satunya melalui Pelabuhan Laut Bitung.

Kopra yang dilalulintaskan wajib diperiksa oleh pejabat Karantina Pertanian Manado Wilayah Kerja Bitung sebelum dikeluarkan sertifikat kesehatan karantina tumbuhan antar-area (KT-9). Sertifikasi dilakukan baik untuk lalu lintas antar area maupun ekspor. Hal ini penting dilakukan untuk memastikan kualitas komoditas yang dilalulintaskan aman dari Organisme Pengganggu Tumbuhan Karantina yang mengancam kualitas produk dan keamanan hayati di Sulut.

Pasar ekspor kopra dari Sulawesi Utara selalu ada. Meski demikian, Kepala Karantina Pertanian Manado, Donni mendorong adanya hilirisasi kopra sehingga menjadi bahan jadi seperti minyak kelapa. Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan perekonomian di Sulawesi Utara melalui ekspor komoditas pertanian. 

"Dengan begitu, tentu nilai ekonomi juga akan lebih tinggi dibanding kita hanya ekspor dalam bentuk kopra saja," ujar Donni. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
02:00
01:32
25:54
04:20
02:33
Viral