Puskesmas Kecamatan Tomoni Luwu Timur Sulawesi Selatan.
Sumber :
  • Haswadi

Duhh..! Keluarga Ngamuk, Korban Kecelakaan Berlumuran Darah Ditolak Puskesmas Tomoni Sulawesi Selatan

Minggu, 23 Januari 2022 - 22:47 WIB

Luwu Timur, Sulawesi Selatan - Seorang pasien korban kecelakaan lalulintas, ditolak pihak Puskesmas Tomoni, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan. Keluarga pasien mengamuk dan marah-marah karena korban tidak diberikan pertolongan medis, padahal kondisinya gawat dan berlumuran darah.

Salah seorang warga yang berada di lokasi kejadian mengatakan, pihak Puskesmas Tomoni tidak mau menolong korban sebelum muntah.

"Katanya bukan kondisi gawat darurat. Pasiennya baru mau ditolong dan dirujuk ke rumah sakit kalau sudah muntah padahal pasien ini sudah pingsan dan wajahnya berlumuran darah," kata salah seorang warga melalui sambungan telepon kepada tvonenews, Minggu (23/1/2022).

Padahal perawat dan dokter di Puskesmas Tomoni, siaga 24 jam, termasuk mobil ambulance juga terparkir di halaman Puskesmas.

Karena tidak mendapatkan pertolongan medis di Puskesmas, korban terpaksa dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ilagaligo, Wotu menggunakan mobil bak terbuka.

"Pelayanan di Puskesmas Tomoni memang sudah sering dikeluhkan warga pak. Bayangkan saja, korban yang luka berat tidak ditolong. Mau dirujuk ke RSUD Ilagaligo tidak diizinkan pakai mobil ambulance, ini sangat keterlaluan pak. Mereka tidak punya hati nurani sebagai manusia," ujarnya.

Sementara pihak Puskesmas Tomoni membantah jika pasien ditolak. Seorang perawat jaga mengatakan korban sempat ditolong dan ditangani.

"Lukanya tidak serius, hanya luka lecet di pelipis dan kami sudah tangani selama dua jam. Kondisinya memang tidak parah. Korban juga masih sadarkan diri, sehingga kami berkesimpulan pasien tersebut masih bisa kami tangani, tapi keluarganya yang panik dan memaksa untuk segera dirujuk," katanya.

Adapun soal penggunaan mobil ambulance untuk membawa pasien, menurut perawat tadi, ada aturan dan S.O.P yang mengatur.(haswadi/ade). 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral