Income per kapita masyarakat Kepulauan Selayar mengalami peningkatan (Data BPS).
Sumber :
  • Tim Tvone-Arsil Ihsan

BPS Rilis Angka Kemiskinan di Kepulauan Selayar Menurun

Kamis, 17 Maret 2022 - 13:25 WIB

Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan - Walaupun masih berada di tengah pandemi Covid-19 namun Badan Pusat Statistik (BPS) merilis Income per kapita masyarakat Kepulauan Selayar terus meningkat dengan pendapatan per kapita sebesar Rp49.540.000 per tahun. Seiring dengan naiknya pendapatan per kapita, tingkat kemiskinan dalam kurun waktu 2016-2021 pun menurun dari 13,11% menjadi 12,45%. Naiknya pendapatan per kapita ikut meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kepulauan Selayar dari tahun ke tahun.

Bupati Kepulauan Selayar, H.M Basli Ali menyampaikan, bahwa data tersebut merupakan hasil survei yang dikeluarkan oleh BPS, sehingga dirinya mengaku bersyukur atas pencapaian tersebut."Tentu ini menunjukkan bahwa arah dan kebijakan Pemkab Selayar telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat," ucap H.M Basli Ali, Bupati Kepulauan Selayar pada Kamis (17/3/2022).

Dengan angka tersebut jika dirata-ratakan, maka tiap penduduk Selayar memiliki pendapatan sebesar kurang lebih 4 (empat) juta per bulannya. Dari data ini membawa Kabupaten Kepulauan Selayar berada di posisi ke 9 dari 23 Kabupaten Kota yang ada di Provinsi Sulawesi Selatan dengan pendapatan per kapita sebesar Rp49.540.000 per tahun.

Bupati Kepulauan Selayar H.M Basli Ali menjelaskan, kalau peningkatan ini tak lepas dari peran serta seluruh elemen dan strategi pembangunan yang manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat Kepulauan Selayar.

Ia juga mengaku, meski masih jauh dari targetnya, namun pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar, akan terus bekerja keras dalam upaya melakukan pembangunan di berbagai sektor, termasuk program pemulihan ekonomi masa pandemi.

“Strategi pemerataan pembangunan antara pulau dan daratan khususnya infrastruktur  tentu juga berdampak pada pertumbuhan ekonomi masyarakat, di samping itu peran aktif pemerintah dalam menangani situasi-situasi kritis di masyarakat, melalui program dan kebijakan seperti pemberian bantuan yang bisa menyangga ekonomi serta mengurangi beban masyarakat," tutup Bupati Kepulauan Selayar, H.M Basli Ali. (Arsil Ihsan/Ask)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:49
01:46
04:06
01:58
01:04
09:13
Viral