Pelepas liaran ratusan Tukik Penyu Hijau ke perairan laut Takabonerate Selayar di Pulau Tarupa (22/3/2022).
Sumber :
  • Tim Tvone-Arsil Ihsan

Ratusan Tukik Penyu Hijau di Lepas Liarkan dari Pantai Pulau Tarupa Takabonerate Selayar

Rabu, 23 Maret 2022 - 10:58 WIB

Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan – Ratusan ekor tukik penyu hijau dilepasliarkan dari pantai pulau Tarupa ke perairan Takabonerate, Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan pada Selasa (22/3/2022) sore. Dipilihnya pantai Pulau Tarupa karena pantai Pulau Tarupa dan pulau-pulau kecil di sekitarnya dalam Kawasan Nasional Takabonerate merupakan daerah perlintasan induk penyu yang menjadikan pantai di kawasan Takabonerate sebagai tempat bertelur setiap tahunnya.  

“ Keberdaannya di dalam kawasan Taman Nasional Taka Bonerate masih terjaga dan belum mengkhawatirkan. Hal ini karena masyarakat di Takabonerate sebagian besar telah teredukasi dengan baik sehingga mereka turut menjaga penyu beserta telur penyu yang mereka temukan, bahkan jika menemukan penyu terjerat jaring atau telur penyu, mereka langsung menyerahkan kepada petugas Taman Nasional untuk penanganan lebih lanjut, “ jelas Faad Rudianto, Kepala Balai Taman Nasional Takabonerate, Rabu (23/3/2022).

Kendati jenis hewan ini disebut telah langka di dunia namun keberadaan dan kembang biak jenis penyu hijau di kawasan taman laut Takabonerate masih terjaga dan belum mengkhawatirkan.

“Contohnya ratusan ekor tukik penyu hijau yang dilepasliarkan ini adalah telur serahan warga Pulau Tarupa kepada petugas Balai Taman Nasional Taka Bonerate, yang selanjutnya diretaskan secara semi alami di tempat penetasan oleh petugas Taman Nasional Wilayah 1 Pulau Tarupa, ungkap Faad.

Semoga yang dilepaskan bisa berkembang biak dan dapat menambah jumlah penyu hijau yang ada,” tutup Faad Rudianto.

Pantauan tvonenews.com di Pulau Tarupa, pelepasan ratusan tukik penyu hijau di pantai dilakukan bersamaan oleh Sekjen KKP RI bersama sejumlah pejabat dan warga, sebagai simbol konservasi dan gerakan menjaga lingkungan yang dikampanyekan ke masyarakat pesisir di Kepulauan Selayar.

Wakil Bupati Kepulauan Selayar, H. Saiful Arif kepada tvonenews.com menyampaikan harapan agar apa yang dilakukan dapat bermanfaat dan bisa menjadi contoh kepada masyarakat yang mendiami pulau-pulau kecil dalam kawasan Takabonerate.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:34
06:55
12:57
01:51
06:48
09:30
Viral