Jemaah termuda pada rombongan ini berasal dari Kabupaten Takalar bernama Adelita binti Baharuddin Dg Nompo (tengah)..
Sumber :
  • Tim Tvone-Wawan Setiawan

Cerita Jemaah Haji Termuda Takalar, Gantikan Orang Tua setelah Yatim Piatu

Jumat, 24 Juni 2022 - 10:27 WIB

Makassar, Sulawesi Selatan - Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Makassar, melepas 393 jemaah calon haji (JCH) kelompok terbang (kloter) 8 di Asrama Haji Sudiang Makassar, Sulawesi Selatan. Jemaah termuda pada rombongan ini berasal dari Kabupaten Takalar bernama Adelita binti Baharuddin Dg Nompo.

Adelita menceritakan keberangkatannya untuk menjalankan Ibadah Haji merupakan pelimpahan dari almarhum ayahnya. Sang ayah wafat tahun 2018 akibat penyakit paru-paru.

"Bapak sebenarnya berangkat tahun 2019, tetapi bulan Ramadan terakhir 2018 beliau meninggal. Jadi saya jemaah haji pelimpahan dari almarhum," ujar Adelita, di Aula Mina Asrama Haji Sudiang Makassar, Jumat (24/6/2022).

Remaja berusia 17 tahun ini mengungkapkan ayahnya mendaftar haji bersama tantenya di Kemenag Kabupaten Takalar sekitar 13 tahun yang lalu. Meski merasa senang melaksanakan rukun Islam kelima, ia juga merasa sedih karena tidak bisa berangkat bersama kedua orang tuanya. 

"Setelah Ayah, Ibu meninggal dua tahun kemudian yang harusnya dia berangkat jadi saya satu-satunya ahli waris yang menggantikan kedua orang tua berangkat Haji," ujarnya. 

Mahasiswi Universitas MH Thamrin Jakarta Selatan ini, akan mendoakan kedua orang tuanya yang telah wafat jika sudah tiba di Makkah, Arab Saudi. Ia juga akan fokus menjalankan ibadah haji meski cuaca panas ekstrem terjadi di Arab Saudi.

"Di tanah suci, saya mau mendoakan kedua orang tua. Berharap semoga beliau semua dilapangkan dan masuk surga-Nya," ucapnya. (wsn/ask)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:58
06:16
01:54
01:38
00:54
05:03
Viral