Pemberangkatan Jemaah Calon Haji asal Maluku Utara, di Embarkasi Makassar, Sulawesi Selatan..
Sumber :
  • Tim Tvone-Wawan setiawan

1 Jemaah Haji Maluku Utara Alami Pendarahan Batal Berangkat

Kamis, 30 Juni 2022 - 12:35 WIB

Makassar, Sulawesi Selatan - Panitia Pelaksanaan Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Makassar mengumumkan satu calon jemaah haji (CJH) asal Maluku Utara menarik diri tidak berangkat ibadah haji ke Arab Saudi. Jemaah tersebut membatalkan setelah mengalami pendarahan dan tengah dirawat di RSUP Wahidin Sudirohusodo Makassar. 

"1 Jemaah atas nama Sadek dari kloter 12 membatalkan diri untuk berangkat ke tanah Suci dengan alasan kesehatan setelah sempat mengalami sakit saat berada di asrama haji Sudiang," ujar Sekretaris PPIH Embarkasi Makassar, Ikbal Ismail, saat dikonfirmasi, Kamis (30/6/22). 

Jemaah asal Maluku Utara tersebut bernama, Sadek, Berusia 40 tahun, sebelumnya mengalami pendarahan saat diperiksa di Poliklinik Asrama Haji Sudiang Makassar pada Senin (27/6/2022) lalu. 

Akibatnya, keberangkatan Sadek tertunda akibat harus dirujuk ke Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Wahidin Sudirohusodo Makassar. 

"Kami dengar sakitnya itu setelah diperiksa oleh tim kesehatan ada pendarahan, terganggu kesehatannya dan tidak layak terbang ke Saudi," ujar Ikbal. 

PPIH Embarkasi Makassar pun berkoordinasi dengan Kemenag Maluku Utara memutuskan menyerahkannya untuk jemaah asal Sulawesi Selatan (Sulsel) menggantikan. Setelah melihat daftar cadangan lunas, pengganti berasal dari Kabupaten Sidrap. Nantinya, pengganti Sadek tersebut akan diberangkatkan bersama kloter 17.

"Setelah berkordinasi diputuskan dari daftar tunggu Sulsel, penggantinya diikutkan dalam Kloter 17. Sementara proses pemeriksaan kesehatan, kita doakan bisa berangkat sama-sama dengan jemaah lain," tegasnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:58
06:16
01:54
01:38
10:26
00:54
Viral