Dua alat berat di area tambang Batu Gajah Mamuju.
Sumber :
  • Tim tvOne/Gusni Kardi

Kisruh Tambang Batu Gajah Kian Memanas, Bupati Mamuju: Tak Miliki Izin Amdal

Rabu, 3 Agustus 2022 - 10:29 WIB

Mamuju, Sulawesi Barat - Kisruh tambang Batu Gajah di Desa Lebani, Kecamatan Tapalang Barat,  Kabupaten Mamuju,  Sulawesi Barat (Sulbar) kian memanas,  dari pernyataan Bupati Mamuju, tambang yang berdiri sejak tahun 2021 milik PT Tambang Batuan Andesit tersebut tidak memiliki izin Amdal. 

Menurut Bupati Mamuju, Sutinah Suhardi,  yang ditemui Rabu (03/08/2022), tambang Batu Gajah di Desa Lebani yang mendapat protes dari warga Desa Lebani, karena tidak memiliki izin Amdal. 

"Saya sebagai Bupati sudah berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK), soal tambang di Desa Lebani tersebut, namun berdasarkan keterangan Kadis DLHK pihak tambang belum memilik izin Amdal," kata Sutinah Suhardi. 

Lebih jauh, Sutinah Suhardi mengatakan, kalau pihak tambang tidak memiliki izin Amdal maka jika tambang tersebut beroperasi, Bupati Sutinah yang pertama kali akan menolak operasi tambang Batu Gajah tersebut.

"Mereka harus memiliki izin yang lengkap baru bisa beroperasi, " tegas Sutinah Suhardi. 

Menyinggung soal reklamasi pantai yang rencana dilakukan oleh pihak tambang Batu Gajah di Desa Lebani, Sutinah Suhardi mengatakan, pemerintah kabupaten harus melihat untung ruginya reklamaai tersebut.

"Kalau reklamasi pantai tersebut untuk pembangunan pelabuhan dan jadi aktifitas tambang Batu Gajah dan lebih banyak dampak negatifnya, maka harus dihentikan,"kata Sutinah Suhardi.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:09
02:29
02:19
01:59
04:18
05:50
Viral