Penampakan Makam Sultan Hasanudin dan keturunannya.
Sumber :
  • Istimewa

Akibat Abrasi, Kuburan Ibu dan Istri Pahlawan Nasional Raja Gowa ke-16 Sultan Hasanuddin Rawan Hilang

Sabtu, 24 September 2022 - 03:20 WIB

Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan - Makam keluarga Pahlawan Nasional Raja Gowa ke-16 Sultan Hasanuddin yang berada di kompleks Makam Kassibumbung, di Desa Punaga, Kecamatan Mangarabombang, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan, terancam hilang tergerus abrasi pantai.

Dari pantauan dilokasi, tepatnya di Dusun Punaga, Desa Punaga, Kecamatan Mangarabombang, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan, jarak pantai dengan lokasi makam keluarga Raja Gowa ke-16 Sultan Hasanuddin hanya sekitar 10 meter dari bibir pantai.

Kata kepala Desa Punaga, M. Syarifuddin Sore, abrasi yang terjadi di Dusun Punaga, Desa Punaga, Kecamatan Mangara Bombang, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan, ini sudah sangat memprihatikan.

Bahkan Makam keluarga Pahlawan Nasional Raja Gowa ke-16 Sultan Hasanuddin terancam hilang.

"Jadi di kompleks makam Kassibumbung ini ada ibunya Sultan Hasanuddin, bahkan Istrinya Sultan Hasanuddin, kakek dan neneknya serta Tante dan Pamannya dimakamkan disini, dan itu terancam hilang akibat abrasi"jelas M. Syarifuddin Sore. Jum'at (23/09/22).

Kepala Desa Punaga mengungkap jika 4 tahun lalu, masih ada kurang lebih 30 meter antara bibir pantai dengan jarak makam ibunda dan beberapa keluarga Sultan Hasanuddin.

"Sekarang tinggal 7 meter, dan ketika ini tidak cepat diambil tindakan untuk membuat penahan ombak, maka saya yakin satu tahun kedepan ini makam ini akan hancur dan hilang akibat abrasi."Pungkasnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
02:00
01:32
25:54
04:20
02:33
Viral