dr Rizqa, Ketua IDAI Kepri.
Sumber :
  • Tim Tvone/ Kurnia Syaifullah

RSUD RAT Tanjungpinang Rawat 5 Anak Menderita Diabetes 

Kamis, 16 Februari 2023 - 12:58 WIB

Tanjungpinang, Kepri - Sebanyak lima anak berusia 4-11 tahun di Provinsi Kepulauan Riau terdeteksi mengidap diabetes mellitus. Kelimanya masih menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah Raja Ahmad Thabib (RSUD RAT) Tanjungpinang.

Ketua Ikatan Dokter Anak Kepulauan Riau, dr HM Rizqa SpA MKes menjelaskan, lima anak pengidap diabetes di Kepulauan Riau ini sebelumnya telah menjalani perawatan di Instalasi Gawat Darurat (IGD). "Anak-anak ini menjalani rawat jalan. Beberapa anak sebelumnya dibawa ke rumah sakit dalam keadaan tidak sadar dan ditangani di IGD," terang Rizqa, Kamis (16/2/2023).

Kondisi tidak sadar yang dialami pasien diakibatkan oleh ketoasidosis diabetik yang sering terjadi pada penderita diabetes tipe 1. Menurut Risqa, terdapat dua tipe diabetes pada anak, yakni tipe 1 dan tipe 2.

Tipe 1 memiliki karakter, kelenjar pankreas anak belum maksimal atau sama sekali tidak memproduksi insulin hingga menjadi pemicu peningkatan gula darah. Sedangkan tipe 2, anak mampu memproduksi insulin, tetapi tidak efektif sehingga kadar gula darah tidak begitu baik.

"Kedua tipe ini tidak bisa dianggap remeh karena sama-sama mengkhawatirkan," jelasnya.

Dr Risqa yang juga Ketua Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Kepri, memperkirakan jumlah anak dengan diabetes mellitus di Kepri lebih banyak dari yang ditemui. "Di Kepri belum memiliki dokter anak ahli endokrinologi sehingga deteksi terhadap anak yang dimungkinkan mengidap diabetes belum maksimal," ujarnya.

Umumnya, lima anak pengidap diabetes di Kepri disebabkan tidak baiknya pola makan serta pola hidup, serta sangat jarang beraktivitas di luar rumah. "Banyak anak saat ini mager (malas bergerak), sehingga sangat jarang menggunakan otot-otot tubuh," sebutnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:38
03:09
10:13
04:52
03:06
01:24
Viral