Kesenian Reog Ponorogo meriahkan pembukaan MTQ ke 56 di Stadion Mini USU..
Sumber :
  • Tim TvOne/Sri Gustina Hasan

15 Ribu Warga Medan Ramaikan Pawai Ta’aruf Pembukaan MTQ ke-56

Sabtu, 25 Februari 2023 - 17:05 WIB

Medan, tvOnenews.com - Pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-56 tingkat Kota Medan diramaikan dengan beragam kesenian budaya. Alat musik tradisional India dan Barongsai asal Tiongkok meriahkan pawai pembukaan MTQ kali ini. 

Sebanyak 21 kecamatan yang ada di Kota Medan mulai melakukan pawai ta'aruf dari Jalan Dr Mansyur Medan menuju lokasi MTQ di Stadion Mini Universitas Sumatera Utara (USU) Medan, Sabtu (25/2/2023) siang.

Sambil membawa spanduk dan aksi drum band pelajar, 15 ribuan warga Kota Medan mengikuti pawai dan berjalan di depan Wali Kota Medan, Bobby Nasution dan Wakil Wali Kota Medan, Aulia Rachman yang didampingi seluruh jajaran terkait.

Pembukaan MTQ ke-56 ditandai dengan 56 muda mudi berjalan sambil membawa 56 bendera merah putih diikuti dengan tampilan ragam kesenian budaya diantaranya Melayu, Karo, Mandailing, Toba, Jawa, Batak, Tionghoa, India, Arab dan budaya lainnya dengan pakaian adat nusantara Indonesia.

Pawai ta'aruf pertama yang tampil, yakni dari Kecamatan Belawan dengan membawa trophy bergilir di hadapan warga Kota Medan dan sekitarnya. Barisan kafilah dari Kecamatan Medan Selayang, dan dilanjutkan kafilah dari Kecamatan Medan Johor, Kecamatan Medan Petisah, Kecamatan Medan Amplas dan kecamatan-kecamatan lainnya yang ada di Kota Medan, berjalan dan melambaikan tangan ke arah Bobby Nasution.

Reog Ponorogo, tarian kuda lumping, aksi wushu, barongsai, teater, tari piring, dan rebana menghiasi pembukaan kegiatan keagamaan yang diselenggarakan dua tahun sekali ini.
Kegiatan yang digelar selama empat hari berturut-turut mulai dari tanggal 25 Februari sampai 4 Maret 2023, sekaligus peresmian stand perangkat daerah dan kecamatan termasuk UMKM berlangsung semarak.

"Pembukaan hari ini, ada pawai ta'aruf kemudian peresmian stand perangkat daerah dan kecamatan termasuk UMKM, dan berlangsung meriah dari antusias masyarakat bisa kita lihat dari hadirnya 15 ribu peserta se-Kota Medan,” kata Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Pemerintah Kota Medan, M Sofyan.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:47
02:23
03:15
01:19
06:20
02:53
Viral