Pedagang bahan pokok di pasar tradisional..
Sumber :
  • Tim Tvone/Martinus

Menjelang Ramadhan Sejumlah Bahan Pokok di Belawan Mengalami Kenaikan Signifikan

Sabtu, 18 Maret 2023 - 16:01 WIB

Medan, tvOnenews.com - Menjelang bulan suci Ramadhan, sejumlah harga kebutuhan pokok di pasar tradisional di pesisir Belawan Kota Medan sudah mulai merangkak naik segnifikan. Hal ini pun berdampak pada omzet pedagang yang turun karena sepi pembeli.

Sejumlah bahan pokok yang naik signifikan terpantau di Pasar Pekong kawasan Jalan Komodor Laut Yos Sudarso, Kelurahan Pekan Labuhan, Kecamatan Medan Labuhan, Sumatera utara, Sabtu Pagi (18/03). Seperti harga cabai merah, cabai hijau, rawit dan caplak biasanya rata-rata Rp20 ribu, kini naik menjadi Rp30 ribu per kilo. Sedangkan minyak goreng dan gula pasir yang biasanya Rp14 ribu kini menjadi menjadi Rp14.500 per kilo.

Selain itu, harga komoditas sayuran juga mengalami kenaikan yang signifikan akibat tingginya curah hujan. Harga tomat dan kentang biasanya Rp6.000 kini menjadi Rp12 ribu per kilo. Untuk harga telur ayam ukuran jumbo juga mengalami kenaikan dari Rp52 ribu menjadi Rp60 ribu per papan. Sedangkan daging ayam dan daging sapi masih stabil di kisaran Rp28 ribu per kilogram untuk daging ayam dan Rp125 ribu per kilo untuk daging sapi.

Salah satu pedagang sembako, Sri Iswanti mengaku khawatir dengan kenaikan harga sejumlah kebutuhan pokok menjelang Ramadhan. Sebab ini akan berdampak pada daya beli yang terus meurun. “Berdampak juga kepada pedagang yang sepi pembeli setiap perayaan keagamaan, warga berharap pemerintah segera mengantisipasi agar sejumlah harga tetap stabil,” ungkap Sri. 

Sementara itu, salah satu warga, Nur Cahaya mengatakan, kenaikan harga bahan pokok sangat memberatkan masyarakat, apalagi di zaman sekarang ini. "Kami harap pemerintah segera mengantisipasi, agar sejumlah harga bahan pokok tetap stabil jelang Ramadhan ini,” ucapnya. (mss/wna)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:52
02:08
02:13
01:10
01:07
03:09
Viral