Suasana Penjualan Pakaian Bekas di salah satu Pasar dikota Medan.
Sumber :
  • Tim Tvone/Fahmi

Warga Kelas Bawah Butuh Barang Murah Berkualitas, DPRD Sumut Minta Pelarangan Impor Pakaian Bekas Dievaluasi

Selasa, 21 Maret 2023 - 16:01 WIB

Medan, tvOnenews.com - Anggota DPRD Sumut Sugianto Makmur mengatakan penjualan pakaian bekas Impor dalam prakteknya telah memberi kesempatan bagi masyarakat kelas bawah mendapatkan pakaian berkualitas dengan harga murah.

“Kita masih ingat, ketika pakaian bekas banyak masuk, ada lapisan masyarakat yang secara langsung diuntungkan sejak proses impor sampai penjualan eceran. Masyarakat umum diuntungkan, karena uang yang perlu dibelanjakan untuk pakaian lebih sedikit," kata anggota Sugianto Makmur, Selasa (21/3/2023).

Lanjut legislator PDI Perjuangan ini, ada fenomena “thrifting”, baju-baju atau apparel bekas yang berkualitas diperjualbelikan dengan harga yang mahal, meski masih lebih murah dari harga baru. Namun ada bagian dari masyarakat yang senang bisa mendapatkan merk idamannya dengan harga murah.

"Saya merasa heran, mengapa pemerintah melarang impor pakaian bekas ini. “Bila negara merasa keberatan, keberatannya atas dasar apa," sebut Sugianto

Menurutnya, menteri harus mengerti dinamika perdagangan. Tidak melihat bahwa semua kebutuhan apparel itu bisa dipenuhi dengan produksi dalam negeri, baik industri maupun UMKM.

“Kita pernah ramai mengimpor truk bekas dari Jepang. Saat itu, kita dianggap “tidak mampu” membeli truk baru. Maka diberi ruang untuk impor truk bekas. Saat ini, truk bekas tidak murah lagi,” tutupnya. (Zul/Lno)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
08:03
01:19
03:36
08:48
03:56
Viral