Santri Ar Raudlatul Hasanah saat tadarus dengan membentuk formasi lingkaran..
Sumber :
  • Ahmidal Yauzar

Takjub, Tadarus Bentuk Formasi Lingkaran di Pesantren Ar Raudlatul Hasanah Medan Mampu Khatamkan Al-Qur'an 20 Kali

Minggu, 26 Maret 2023 - 09:37 WIB

Medan, tvOnenews.com - Ribuan santri dan santriwati Pesantren Ar Raudlatul Hasanah, Jalan Setia Budi, Kota Medan, Sumatera Utara, mengisi waktu bulan Ramadhan dengan tadarus, namun metodenya terbilang unik lantaran membentuk formasi lingkaran.

Bentuk formasi lingkaran ini bertujuan agar para santri satu sama lain dapat menyimak dan mendengarkan tiap lafal Al-Qur'an.

Sekretaris Pesantren, Ustaz Mar’an Sabuqi Siregar mengatakan, kegiatan tadarus ini rutin dilaksanakan para santri dan santriwati setiap tahunnya di bulan suci Ramadhan. 

“Karena judulnya tadarusan. Tadarusan itukan saling belajar membaca Al-Qur'an, membaca saling bergantian, namun jika ada bacaan yang salah akan diperbaiki,” kata Mar’an, Sabtu (25/3/2023).

Untuk satu lingkaran diisi lebih kurang 10 sampai 15 orang santri, di mana satu di antaranya merupakan santri senior yang bertugas untuk membimbing santri junior.

"Kita buat formasi lingkaran pada satu lingkaran itu ada 10 sampai 15 orang, lalu di setiap grup itu ada abang kelas yang membimbing dan mendampingi mereka supaya membaca secara bergantian,”sambungnya.

Pelaksanaan tadarus bentuk lingkaran ini biasanya dimulai usai salat zuhur dengan diikuti oleh ribuan santri.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:13
01:51
04:09
02:08
26:44
05:12
Viral