Ketua BKM Al jihad menunjukkan barcode QRIS yang ditempel di area Mesjid.
Sumber :
  • Tim TvOne/Ahmidal

Buntut Pemalsuan Barcode Kotak Amal, Sejumlah Masjid di Kota Medan Waspada

Jumat, 14 April 2023 - 13:27 WIB

Medan, tvOnenews.com - Buntut kasus penempelan stiker QRIS palsu di kotak amal mesjid di wilayah Jakarta, sejumlah pihak pengurus Badan Kemakmuran Masjid (BKM) di Medan mulai waspada.

Salah satunya di Mesjid Al jihad Jalan Abdullah Lubis, Kecamatan Medan Baru, Kota Medan. Selain pemantauan CCTV secara berkala, pihak keamanan masjid juga berjaga dan melihat situasi di area kotak infaq masjid.
 
Ketua BKM masjid Al Jihad, Syahputra memastikan sejauh ini tidak ada kasus pemasangan QRIS palsu.
 
"Alhamdulillah, untuk sementara ini belum ada kita temukan. kalau mengenai kasus di Jakarta itu kita tidak ada mengimbau ke jamaah, selain adanya CCTV kita berkordinasi ke pihak sekuriti dan relawan yang ada di masjid ini jika melihat gerak-gerik mencurigakan agar melapor ke pengurus. Yang pastinya tetap harus waspada," kata Syahputra, Kamis (13/04/2023).
 
Kemudian, Syhaputra juga menjelaskan di masjid Al Jihad terdapat dua nama Bank barcode QRIS yang ditempel di kotak amal. Ia pun kembali memastikan belum menemukan tindak kejahatan tersebut.
 
"Pada dasarnya seperti imbauan yang disampaikan ketua umum Dewan Masjid Indonesia, Jusuf Kalla, bagaimana kita harus tetap waspada. Dengan bantuan CCTV yang ada di tiap sudut masjid ini kita terus memantau situasi para jamaah yang datang," Jelasnya.
 
Sebelumnya terungkap modus penipuan seorang laki-laki mengganti dan menempelkan scan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) ke kotak amal di Masjid Nurul Iman Blok M Square Jakarta Selatan, pada Kamis (6/4/2023) lalu. Aksi pria tersebut pun manjadi viral di media sosial. (ayr/lno)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:38
03:09
10:13
04:52
03:06
01:24
Viral