Ikan Segarurung saat Dipanggang.
Sumber :
  • Tim TvOne/Boris

Segarurung Makanan Khas Pali Sumsel Pilihan Menu Favorit Berbuka Puasa

Selasa, 18 April 2023 - 12:00 WIB

Pali, tvOnenews.com - Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Sumatera Selatan, memiliki makanan yang menggiurkan dan tidak kalah enaknya dari makanan daerah lainnya. Salah satu makanan khas Pali, yang wajib dicoba yaitu Segarurung, yang sering dikonsumsi sehari-hari dan dijadikan salah satu menu berbuka puasa oleh masyarakat Pali.

Segarurung merupakan makanan khas Kabupaten Pali, dinamakan segarurung karena ikan jenis patin, nila dan toman, dibelah pada bagian belakang. Kemudian ditambahkan bumbu lalu dilakukan pemanggangan diatas bara api setinggi 1 meter, dan ikan dilakukan pembalikan selama kurang lebih 2-3 jam.

Adapun bumbu yang digunakan, yaitu cabai, bawang merah, asam jawa, garam, dan gula, yang sudah di haluskan menjadi satu. Dengan perpaduan bumbu yang sudah di oleskan ke ikan ini, maka akan mempunyai cita rasa yang khas, pedas, dan gurih.
 
Ema, salah seorang pembuat segarurung, di Talang Baru, Kelurahan Talang Ubi Barat, pada Minggu (16/04/2023), mengaku penjualan segarurung miliknya disepanjang bulan Ramadhan 1444 H, mengalami peningkatan. Para pembeli dia mengatakan tidak hanya dari Pali saja, namun dia juga sering mendapatkan pesanan dari luar daerah.

Proses Ikan Segarurung sebelum Dipanggang
 
“Pada saat bulan Puasa ini, penjualan segarurung kami mengalami peningkatan. Jika dihari hari biasa ikan segarurung yang kami jual, untuk ikan patin sehari itu paling banyak 10 kg, ikan nila hanya 2 kg. Sementara untuk dibulan puasa ini ikan segarurung yang kami jual, untuk sehari ikan patin itu bisa sampai 30 kg, dan nila 7 kg. Untuk harga ikan patin dan nila ukuran kecil kami jual Rp15.000, ukuran sedang Rp20.000, dan besar Rp25.000. Untuk ikan toman kami untuk saat ini belum berani menstok karena ikan jenis ini mahal, kami menjual ikan jika ada yang memesan saja, dengan harga Rp150.000 untuk ukuran 1 kg." Jelasnya.
 
Dia juga berharap usaha yang sudah ditekuni selama 5 tahun ini dapat dikenal oleh masyarakat banyak khususnya di luar Kabupaten Pali.
 
"harapan kami semoga makanan segarurung ini dapat dikenal masyatakat luas, sehingga usaha kami ini dapat lebih maju lagi kedepannya." Unkapnya. (bls/lno)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
02:00
01:32
25:54
04:20
02:33
Viral