Pelabuhan Sri Tanjung gelam Karimun.
Sumber :
  • Tim TvOne/Jupri

Pasca Kecelakaan Laut SB Evelyn Calisca 01 di Inhil Riau, KSOP Karimun Minta Agen Kapal Ikuti Aturan Keselamatan Berlayar

Jumat, 28 April 2023 - 13:45 WIB

Karimun, tvOnenews.com - Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Tanjung Balai Karimun di Pelabuhan Sri Tanjung Gelam memperingati para agen kapal agar mematuhi aturan serta mengutamakan keselamatan penumpang.

Penegasan itu disampaikan pasca tragedi tenggelamnya kapal SB Evelyn Calisca 01 rute Tembilahan Riau - Tanjungpinang Kepri yang diduga karena overload muatan.

Dari kejadian itu, setidaknya puluhan penumpang menjadi korban dan 11 orang dinyatakan meninggal dunia. Bahkan tak sedikit yang mengalami trauma berat.

"Kita berkaca dari kejadian baru-baru ini, agar agen kapal dapat mengikuti SOP atau aturan yang berlaku dan tidak coba-coba memuat penumpang sampai overload", ucap Kepala Pos KSOP Karimun di Pelabuhan Sri Tanjung Gelam, Ahmad Zaliansyah kepada media ini, Jumat (28/4/2023).

Kata Ahmad, pihaknya juga tidak segan-segan memberikan sanksi berat berupa pencabutan izin apabila para agen tidak mengindahkan regulasi tersebut.

"Tindak tegas bagi agen yang masih bandel dan melanggar aturan, karena ini menyangkut keselamatan dan nyawa penumpang. Jadi jangan coba-coba", tegasnya.

Selain itu, ia juga meminta masyarakat dapat menyampaikan informasi kepada petugas apabila kedapatan agen kapal yang ingin memuat penumpang lebih dari batas yang ditentukan.(aji/haa)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
07:13
03:54
03:28
02:35
00:56
08:45
Viral