Abyadi Siregar Kepala Ombudsman RI wilayah Sumut.
Sumber :
  • Ahmidal Yauzar Hutagalung

Terkait Kasus Wanita Jatuh, Ombudsman Ungkap Lift Bandara Internasional Kualanamu Belum Pernah Uji Layak K3

Jumat, 5 Mei 2023 - 00:35 WIB

Medan, tvOnenews.com - Ombudsman Sumatera Utara ungkap bahwa lift bandara internasional Kualanamu belum pernah dilakukan uji kelayakan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) oleh Balai keselamatan dan Kesehatan kerja.
 
Hal tersebut diungkap oleh Abyadi Siregar kepala Ombudsman RI Wilayah Sumatera Utara saat mengunjungi kantor Balai Kementrian Tenaga Kerja Keselamatan dan Kesehatan Kerja  (K3) Medan di Jalan Yos Sudarso, Titi Papan, Kecamatan Medan Deli, Kota Medan, Sumatera Utara.

Dalam pertemuannya dengan pihak balai bahwa selama beroperasinya lift Bandara Internasional Kualanamu tersebut belum ada sekalipun uji kalayakan K3.

“Sejauh ini mereka belum pernah melakukan pengujian atau apalah namanya disitu ya secara regulatif,” Ujarnya, Kamis (4/5/2023).
 
Seharusnya jika melihat peraturan yang berlaku saat ini pihak balai berwenang untuk menguji bandara internasional tersebut berkaitan dengan K3, sehingga menimimalisir adanya kecelakaan kerja ataupun sejenisnya.
 
“Balai K3 ini punya kewenangan berdasarkan permenaker No.1 Tahun 2022 tentang SOP,” kata Abyadi Siregar.
 

Lebih lanjut, saat disinggung lebih dalam ia mengatakan bahwa pihak balai berdalih bahwa tidak terjadinya pengujian itu karena SDM mereka yang tidak memadai.

“Berhubung karena berbagai perangkat yang masih belum memadai misalnya SDM dan sebagainya hal itu yang belum bisa mereka lakukan,” ujarnya.
 
Ia mempertanyakan siapa sebenarnya yang memperbolehkan SOP K3 di bandara tersebut, jika mengacu pada undang undang yang ada nomor 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik  bahwa bandara Kualanamu wajib memberikan jaminan dan keselamatan dalam penyelenggaraan pelayanan publik. 
 
Sehingga ia menduga bahwa bandara kualanamu tidak memiliki SOP terhadap K3.
 
“Terdapat kurangnya  jaminan keamanan dan keselamatan dalam hal perawatan konstruksi bangunan dan sarana di bandara itu ya seperti di lift,” pungkasnya. (Ayr)
Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
23:20
01:42
10:39
02:06
01:02
00:50
Viral