Bawaslu Kabupaten Langkat sosialisasikan pengawasan pemilu partisipasif tentang pencermatan pemutakhiran data pemilih.
Sumber :
  • Tim TvOne/Taufik Hidayat

Bawaslu Langkat Laksanakan Pengawasan Pemilu Partisipatif dan Pemutakhiran Data Pemilih

Jumat, 19 Mei 2023 - 16:40 WIB

Langkat, tvOnenews.com - Badan pengawas pemilihan umum (Bawaslu) Kabupaten Langkat kembali laksanakan sosialisasi terkait pengawasan pemilu partisipasif tentang pencermatan pemutakhiran data pemilih yang dilaksanakan di salah satu hotel Stabat, Kabupaten Langkat, Jumat (19/5/2023).

Giat sosialisasi yang dilaksanakan untuk mencegah pelanggaran pada tahapan pemilu yang sedang berjalan dan untuk memberikan informasi kepada masyarakat luas agar mempunyai tekad yang sama dalam mengawasi pemilu 2024 mendatang.

Komisioner Bawaslu Kabupaten Langkat, Rika Sari dalam sambutanya mengatakan sosialisasi dilakukan dengan harapan berbagai kerawanan yang dapat timbul pada tahapan pemilu dapat teratasi. 

"Ada beberapa daerah di Kabupaten Langkat terindikasi adanya kerawanan dalam tahapan pemilu salah satunya terkait masalah calon daftar pemilih, sehingga pihak Bawaslu ada menghadirkan Camat, Kepala Desa dan pihak Lapas guna mengantisipasi terjadinya kerawanan tersebut," ucap salah satu Komisioner Bawaslu Kabupaten Langkat, Rika Sari.

Lebih lanjut Rika juga berharap peran media khususnya jurnalis dapat menjadi perpanjang tangan maupun sebagai penyampai informasi seluas mungkin kepada masyarakat agar tata cara dan peraturan serta tahapan pemilu dapat dicerna melalui pemberitaan yang disajikan.

"Diharapkan agar rekan media bisa menjadi perpanjangan tangan ke masyarakat agar informasi tentang tata cara dan tahapan pemilu dapat diketahui warga," harap Rika. 

Sementara itu, Agus Arifin komisioner KPU Kabupaten Langkat selaku nara sumber dalam kegiatan tersebut menyampaikan, pengawasan pemilu partisipasif antara lain untuk meningkatkan minat dan kepedulian warga negara terhadap penyelenggaraan pemilu serta informasi tentang penyelenggaraan pemilu, meningkatkan legitimasi Pemilu dan menjamin Pemilu yang adil.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral