Edriana.
Sumber :
  • IST

Pariwisata Tanah Datar Berkembang Pesat, Edriana Berharap UMKM Paling Merasakan Dampaknya

Sabtu, 27 Mei 2023 - 00:36 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Pemprov Sumbar mengapresiasi Pemkab Tanah Datar yang gencar mempromosikan potensi dan memajukan sektor pariwisata. Tanah Datar dipuji sebagai satu-satunya daerah yang memiliki kalender wisata diluar Provinsi Sumatera Barat. 

Aktivis Perempuan dan Pemerhati UMKM, Edriana menilai bahwa program Bupati Tanah Datar yang telah menaikkan geliat pariwisata di tengah pandemi ketika semua orang tiarap dan menyerah. Bupati Tanah Datar keluar dengan ide yang luar biasa dengan tidak henti-hentinya mempromosikan pariwisata Tanah Datar sampai keluar daerah. 

“Dari program one nagari one even yang dibuat Bupati tanah datar berdampak besar pada pariwisata, contohnya Even Pandai Sikek Tahun 2022. Dampaknya semakin baik ketika dunia digital menjadikan even ini tidak hanya percakapan nasional, tetapi juga internasional. Wisatawan ramai ingin berkunjung ke tanah datar ketika mereka melihat di media sosial dan digital,” ujar Edriana, Jumat (26/5/2023). 

Namun,  Edriana juga berharap bahwa program one nagari one even tersebut harus ada peningkatan dalam penyelenggaraannnya. Program ini tidak hanya menjadi pekan budaya dan pariwisata, tetapi juga menjadi ajang kemajuan UMKM. Di mana para UMKM sudah dibimbing sebelum event ini dilaksanakan, seperti pelatihan dari Pemda tentang kemasan, pemasaran, dan juga potensi permodalan. Karena hal-hal tersebut yang menjadi kendala dari perkembangan UMKM yang perlu dibantu oleh Pemda. 

Selanjutnya, pekan Pariwisata menjadi momentum bagi UMKM untuk merealisasikan ilmunya.  Dalam data kunjungan wisatawan ke Sumatera Barat pada tahun 2023, hingga libur lebaran sudah mencapai 4,1 juta orang dari target yang dicanangkan 8,2 juta orang kunjungan tahunan. 

Ini sesuatu yang menarik karena kunjungan wisatawan lebih dari setengah yang ditargetkan. Tetapi,  dari kunjungan wisatawan tersebut seberapa banyak  UMKM yang merasakan dampaknya.  

Kalau dikelola dengan baik, Minangkabau ini paket lengkap karena memiliki kekayaan alam, budaya, kuliner, dan juga karya UMKM.  Dengan lebih kurang  300.000 UMKM yang ada di Sumbar seberapa banyak yang mampu memaksimalkan even pariwisata untuk menarik wisatawan agar membeli produk, kuliner, dan jasanya. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:14
01:14
02:07
02:34
01:16
09:06
Viral