Edriana.
Sumber :
  • IST

Tokoh Perempuan Minang Nilai Sepak Bola Tidak Hanya Olahraga, Tetapi Juga Pembelajaran Soal Sportifitas dan Persatuan

Senin, 5 Juni 2023 - 00:33 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Aktivis Perempuan dan penggemar bola, Edriana menilai pertandingan Argentina vs Indonesia yang berlangsung di Gelora Bung Karno (GBK), 19 Juni 2023 bakal menarik perhatian karena ada pemain top dunia yang bakal datang seperti Lionel Messi, Angel Di Maria dan kiper Emiliano Martinez.

Kedatangan mereka ke Indonesia tidak hanya membawa “value” negaranya yang telah juara di Piala Dunia 2022. Namun, nilai pemainnya secara individu juga membawa pengaruh positif untuk Indonesia. 

Populiratis yang mereka miliki menurut Edriana dampaknya sangat besar karena Sepak Bola tidak hanya sekedar olahraga, tetapi juga ada nilai-nilai yang baik untuk kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Dari kompetisi Sepak Bola ada pelajaran terkait kebangsaan, sportifitas, dan persatuan yang bisa dipelajari. 

“Dari sisi value, di dalam sepak bola ada sportifitas dan persatuan. Mengakui pelanggaran, kekalahan, dan mengapresiasi yang menang. Selain itu, tidak lagi bicara sekat, suku, daerah, ideologi, dan agama kecuali dukungan terhadap Timnas atau klub. Diatas semua itu, ada value tentang kerja keras, pantang menyerah, kerjasama tim dan pentingnya sebuah strategi serta kepatuhan kepada garis komando pelatih agar bisa fokus mengatur ritme pertandingan," jelas Edriana, Minggu (4/6/2023).

Sepak bola itu juga tidak jauh-jauh dari perjuangan dan mimpi. Menurut Edriana, nilai tersebut tidak hanya diinginkan oleh negara, tetapi juga pelatih dan atlet. Indonesia sudah membuktikan dengan Juara di Sea Games 2023 setelah puasa gelar selama 32 tahun. Namun, tambah dia, kita harus bangga dengan Indra Sjafri, lewat tangan dinginnya pelatih Timnas Indonesia ini sukses membuktikan bahwa mimpi itu harus dituntaskan dengan kemenangan. 

Indra Sjafri awalnya dikenal banyak orang saat berhasil membawa Timnas Indonesia juara U-19 AFF 2013. Pria kelahiran Painan, Sumatera Barat, 2 Februari 1963 ini dulunya mantan pemain sepakbola  PSP Padang pada tahun 1980-an. Setelah pensiun sebagai pemain, Indra juga pernah menangani PSP Padang sebagai pelatih, hingga dipercaya sebagai pelatih Timnas Indonesia. 

Selain itu, besarnya dampak dari pertandingan sepak bola kepada penggemar dan juga masyarakat sekitar, menurut Edriana pengelolaan sepak bola Indonesia kedepannya bisa lebih baik lagi. Sehingga, dampak sepak bola tidak hanya untuk dunia olahraga, tetapi juga ke bidang lainnya, misalnya, pedagang Souvenir, kuliner, jasa, dan UMKM lainnya.  

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
00:54
07:24
07:59
06:48
02:28
Viral