PERAYAAN TRISUCI WAISAK DI CANDI BAHAL PADANG LAWAS UTARA DI IKUTI RIBUAN UMAT BUDHA SUMATERA UTARA.
Sumber :
  • Tim tvOne / irvan

Perayaan Hari Raya Trisuci Waisak Agama Budha di Padang lawas Utara Diikuti Ribuan Umat

Senin, 5 Juni 2023 - 07:08 WIB

Padang lawas Utara, tvonenews.com - Perayaan hari raya trisuci Waisak umat agama  Budha di Sumatera Utara dipusatkan di candi Bahal desa Bahal kec. Portibi kab. Padang lawas Utara. Dalam kegiatan perayaan trisuci Waisak ini dihadiri gubernur Sumatera Utara Edi rahmayadi dan Kapolda Sumut Irjen pol panca Simanjuntak, serta kabinda Sumut dan diikuti kurang lebih 250 umat Budha dari seluruh Sumatera Utara dari beberapa etnik (4/6/2013).

 

 

Diawali dengan kegiatan keagamaan yang dipimpin dari pemuka agama Budha dengan mengelilingi candi Bahal sebagai situs bersejarah bagi umat Budha yang di ikuti ribuan umat Budha yang hadir dalam perayaan Waisak ini, dalam sambutanya gubernur Sumatra Utara  Edi rahmayadi, mengucapkan selamat merayakan hari raya trisuci Waisak kepada umat Budha, gubernur juga menambahkan dengan masih berdirinya kokoh candi Bahal di kab. Padang lawas Utara ini menandakan bahwa sejarah agama Budha pernah ada di kab.padang lawas ini .

 

"Kami dari pemerintah provinsi Sumatera Utara mengucapkan selamat merayakan hari raya trisuci Waisak, candi Bahal adalah situs bersejarah umat Budha yang ada di Padang lawas Utara dan saat ini masih berdiri kokoh di tetap terawat bersih di lingkungan mayoritas umat muslim, hal ini menandakan kab. Padang lawas Utara cukup bertoleransi dalam menjaga situs ini, situs ini juga menandaka sejarah adanya peradapan umat Budha di kab. Padang lawas Utara pada abad ke 11, Ungkap Edi rahmayadi 

 

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
07:30
01:07
03:27
01:35
03:20
01:47
Viral