Pengunjung yang sedang menikmati gulai ikan mungkus..
Sumber :
  • Tim TvOne/ Miko

Gurih Nikmat: Sajian Gulai Ikan Mungkus dan Aromatik Nasi Ibat di Bengkulu

Kamis, 8 Juni 2023 - 17:02 WIB

Bengkulu, tvOnenews.com - Ikan mungkus atau Sicyopterus Stimpsoni adalah jenis ikan air tawar yang hidup di pasir dan bebatuan serta biasanya berkembangbiak di perairan deras dan jernih. Ikan ini memiliki cupak di atas perutnya yang memungkinkannya menempel kuat pada batu meskipun terdapat aliran air deras, sementara lumut yang menempel di batu menjadi makanan bagi ikan mungkus.

Ternyata, ikan mungkus dalam bentuk gulai memiliki rasa yang gurih dengan tekstur daging kenyal, menjadikannya favorit para pencinta kuliner tradisional.

Mari kita lihat cara mengolah ikan ini menjadi hidangan nikmat yang dapat menambah hidangan di meja makan Anda. Pertama, siapkan bumbu-bumbunya terlebih dahulu, yaitu bawang merah, bawang putih, lengkuas, sereh, kunyit, jahe, lada. Haluskan bumbu-bumbu tersebut. Siapkan juga santan, kecombrang, dan tebu telur atau terong sebagai bahan pendukung.

Untuk menjadikan masakan ini lezat, Replitawati, seorang penggiat masakan tradisional di Bengkulu Selatan, Provinsi Bengkulu, mengatakan bahwa bumbu tidak perlu ditumis. Pertama, tuangkan santan ke dalam wajan dan tambahkan bumbu yang sudah dihaluskan, cane merah yang sudah dihaluskan, dan jika ingin rasa pedas, tambahkan sedikit cabe rawit sesuai selera.


Replitawati, seorang penggiat masakan tradisional di Bengkulu Selatan.

Aduk semua bahan dengan api sedang. Setelah mendidih, tambahkan bahan pendukung seperti kecombrang, tebu telur, petai, atau terong. Setelah sedikit matang, masukkan ikan mungkus yang telah melalui proses pengasapan atau yang dikenal dengan nama "Tapo ikan Mungkus" di Bengkulu. Tambahkan garam dan bumbu penyedap, lalu setelah kurang lebih 15 menit, gulai ikan mungkus siap disajikan.

"Kami biasanya memasak gulai ikan mungkus ini tanpa menumis bumbunya, dan ada bumbu rahasia yang memberikan citarasa gurih dan lezat pada masakan gulai ikan mungkus ini," kata Replita.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:58
05:09
02:18
09:09
06:21
05:05
Viral