Jalan Jamin Ginting Raih Rekor MURI Jalan Terpanjang di Indonesia.
Sumber :
  • Tim TvOne/ Ahmidal

Jalan Letnan Jendral Jamin Ginting Raih Rekor MURI Jalan Terpanjang di Indonesia

Rabu, 14 Juni 2023 - 16:59 WIB

Medan, tvOnenews.com - Jalan Letnan Jendral Jamin Ginting di Sumatera Utara meraih penghargaan Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) sebagai jalan terpanjang di Indonesia 71, 3 kilometer.

Jalan jamin ginting melintasi wilayah kota Medan, Kabupaten Deli Serdang dan Kabupaten Karo.

Pemberian rekor jalan terpanjang di Indonesia ini diberikan langsung oleh Direktur Operasional MURI Yusuf Ngadri  kepada keluarga Letjen Jamin Ginting di Gedung Wisma Benteng, Jalan Kapt Maulana Lubis, Kota Medan, Rabu (14/6/2023).

Riahna Jamin Ginting selaku putri dari Letjen Jamin Ginting juga berterima kasih kepada Gubernur Sumut Edy Rahmayadi yang memberikan perhatian kepada sosok sang ayah sebagai Pahlawan Nasional. Apalagi Edy Rahmayadi sendiri diberikan gelar marga Ginting Suka oleh warga Karo pada 2017 silam, saat masih menjabat sebagai Pangkostrad.

“Kami sangat bahagia semuanya. juga kami ucapkan terima kasih kepada pihak terkait lainnya. Khususnya Pemko Medan, Pemkab Deliserdang dan Pemkab Karo, karena jalan sepanjang itu melewati tiga daerah. Saya sendiri juga tidak begitu tahu pasti sejarahnya. Dari tahun 80-an sudah diakui dengan nama Jalan Jamin Ginting, yang waktu itu diresmikan ibu saya, Likas Tarigan, dan beliau tak pernah cerita. Jadi saya baru tahu ternyata ini jalan terpanjang,” jelas Riahna.

Gubernur Edy Rahmayadi mengatakan bahwa penobatan Jalan Jamin Ginting sebagai jalan nasional terpanjang di Indonesia oleh MURI adalah bentuk penghormatan kepada pahlawan. Mengingat perjuangan Sang Jenderal yang begitu besar kepada bangsa ini. Sehingga jalur mulai dari titik nol-nya di Kota Medan ke Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deliserdang sampai ke Kecamatan Tigapanah, Kabupaten Karo, tidak terputus, diterima dengan nama jalan yang sama.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:59
02:08
01:12
03:01
00:52
02:33
Viral