Jemaah Haji kloter 1 tiba di Palembang.
Sumber :
  • Tim TvOne/Ganda

357 Jamaah Kloter 1 Tiba di Palembang, 2 Meninggal di Tanah Suci

Jumat, 7 Juli 2023 - 11:06 WIB

Palembang, tvOnenews.com - Sebanyak 357 jamaah haji kloter 1 Debarkasi Palembang tiba di Kota Palembang, Kamis malam (06/07/2023). Dua jamaah meninggal saat menjalani rangkaian ibadah haji di Tanah Suci. Ketua Kloter 1 Susi Irwan Sastro dalam laporannya menjelaskan, kloter 1 merupakan jamaah asal Kabupaten OKU Timur.  

Total jamaah yang berangkat berjumlah 360 orang. Namun satu orang meninggal di embarkasi atas nama Turiyah (71) dan dua orang meninggal di Mekkah atas nama Repen Reso Pawiro (85) pada 23 Juni dan Sayuti Gemulung (68) pada 3 Juli. 

“Alhamdulillah jamaah kloter 1 dapat menjalani rangkaian ibadah haji di Tanah Suci dengan baik. Termasuk pelaksanaan ibadah sunnah Arbain di Masjid Nabawi,” kata Susi Irwan Sastro.   

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kanwil Kemenag Sumsel H Armet Dachil mengucapkan selamat datang kepada jemaah kloter 1 Debarkasi Palembang. Dia juga ikut berduka atas meninggalnya tiga jemaah kloter 1. 

Armet menjelaskan hingga saat ini total jamaah debarkasi Palembang yang meninggal di Tanah Suci berjumlah 23 orang dengan rincian 19 orang dari Sumsel dan empat orang dari Bangka Belitung. 

“Kami turut berduka. Insya Allah jemaah yang meninggal semuanya husnul khotimah karena sedang menjalankan ibadah haji. Bagi bapak/ibu yang hari ini kembali ke Tanah Air, kami ucapkan selamat datang dan semoga meraih haji yang mabrur,” ujar Armet. 

Jamaah kloter 1 sendiri tiba dengan pesawat Saudi Airlines di Bandara SMB II Palembang, Kamis malam, Jamaah kemudian dibawa menggunakan delapan bus ke asrama haji. Selain itu disiapkan juga satu bus, tiga ambulan dan dua minibus untuk mengangkut jamaah sakit, disabilitas dan lansia. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:38
04:27
01:33
02:33
01:15
01:45
Viral