Kunjungan Menparekraf Sandiaga Uno ke Kabupaten Toba, Sumatera Utara..
Sumber :
  • Tim TvOne/ Daud

Kembangkan Pariwisata Danau Toba, Menparekraf Sandiaga Uno Alokasikan Rp5,7 Miliar untuk Pusat Kreasi Destinasi Pariwisata

Kamis, 20 Juli 2023 - 11:47 WIB

Toba, tvOnenews.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, mendorong penguatan pelaku ekonomi kreatif di Kabupaten Toba, Sumatra Utara. Hal ini merupakan upaya untuk membangkitkan ekonomi dan membuka lapangan kerja melalui program Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif.

Dalam workshop KaTa Kreatif di Kantor Bupati Toba, Balige, pada Rabu (19/7/2023), Menparekraf Sandiaga menyampaikan bahwa Kabupaten Toba telah menetapkan subsektor kriya sebagai subsektor ekonomi kreatif unggulan berdasarkan uji petik yang dilakukan pada tahun 2021.

Oleh karena itu, untuk mencapai target pembukaan 4,4 juta lapangan kerja baru di tahun 2024 dan mendorong kebangkitan ekonomi, pelaku ekonomi kreatif di Toba perlu fokus pada inovasi, adaptasi, serta kolaborasi.

"Ini merupakan langkah penting sebagai lokomotif bagi subsektor lainnya, sehingga destinasi super prioritas Danau Toba di Kabupaten Toba dapat menciptakan peluang usaha dan lapangan kerja yang luas," kata Sandiaga.

Pemerintah juga telah mengambil langkah untuk memperkuat ekosistem pelaku ekonomi kreatif di Toba dengan memberikan dana alokasi khusus sebesar Rp5,7 miliar kepada Pemerintah Kabupaten Toba.

Menurut Sandiaga, dana tersebut akan digunakan untuk membangun Pusat Kreasi Destinasi Pariwisata (PKDP), yang rencananya akan dimulai pembangunannya pada 21 Juli 2023 mendatang.

"Pusat Kreasi Destinasi Pariwisata ini akan kami beri nama Tourism Creativity Center. Kami berharap pusat ini akan menjadi etalase bagi produk-produk ekonomi kreatif kita," tambahnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:33
02:33
01:15
01:45
08:58
01:43
Viral