Sandiaga Uno bersama Bupati Samosir meninjau Desa Wisata Hariara Pohan..
Sumber :
  • Tim TvOne/ Daud

Sandiaga Uno Kunjungi Desa Wisata Hariara Pohan dan Bukit Holbung, Nominasi 75 Besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Tahun 2023

Jumat, 21 Juli 2023 - 06:23 WIB

Samosir, tvOnenews.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno, kembali melakukan kunjungan ke Kabupaten Samosir. Kali ini, Menparekraf didampingi Bupati Samosir, Vandiko Gultom, datang untuk meninjau langsung Desa Wisata Hariara Pohan, Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir, pada Kamis (20/7/2023). Kunjungan ini merupakan bagian dari penilaian terhadap Desa Wisata yang masuk nominasi 75 Besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023, dan salah satunya adalah Desa Wisata Hariara Pohan di Kabupaten Samosir.

Di Desa Wisata Hariara Pohan, Menparekraf bersama Bupati Samosir menyaksikan berbagai aktivitas masyarakat di Huta Simarmata yang menjadi daya tarik wisatawan, termasuk kegiatan "mangaletek" (menganyam tikar) dan tradisi "manduda" dalam proses pembuatan makanan khas Batak, "naihintang ni andalu".

Selain itu, daya tarik lainnya adalah sebuah kuburan batu (Sarkofagus) di Huta Simarmata. Desa Wisata Hariara Pohan memiliki dua objek wisata yang sudah viral dan ramai dikunjungi wisatawan, yaitu Huta Simarmata dan Bukit Holbung. Kedua objek tersebut juga dikunjungi langsung oleh Menparekraf.

Menparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno, mengaku senang berkunjung ke Kabupaten Samosir dan menikmati panorama keindahan alam. Ia menyatakan, "Setiap kali saya ke Samosir, saya merasakan seperti pulang ke rumah sendiri."

Sebagai Daerah Super Prioritas, Sandiaga Uno berjanji akan memberikan dukungan total dalam memberdayakan masyarakat untuk menciptakan peluang usaha dan lapangan kerja. Hal ini diharapkan dapat mendorong para pelaku ekonomi kreatif di Kabupaten Samosir untuk menyediakan produk yang berkualitas dan berkelanjutan yang dapat dinikmati oleh para wisatawan.

Bupati Samosir, Vandiko T. Gultom, menegaskan komitmen Pemerintah Kabupaten Samosir untuk membantu dan mendampingi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) melalui pelatihan dan pemasaran. Pemkab Samosir juga telah menciptakan transformasi digital dengan aplikasi e-onan (dalam tahap penyempurnaan) untuk memfasilitasi pemasaran seluruh produk UMKM secara digital. Dukungan dan dorongan juga diberikan agar produk UMKM dapat dimasukkan dalam e-katalog.

Sebelumnya, Menparekraf Sandiaga Uno menghadiri workshop KaTa (Kabupaten/Kota) Kreatif yang berlangsung di Gedung Serbaguna Sopo Bolon HKBP Pangururan selama kunjungannya ke Sumatra Utara. Dalam kegiatan ini, Sandiaga didampingi oleh Direktur Infrastruktur Ekonomi Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf, Hariyanto, dan Direktur Pemasaran Pariwisata BPODT, Wahyu Dito Galih Indharto. Turut hadir juga Bupati Samosir, Vandiko Gultom, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatra Utara, Zumri Sulthony, dan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Samosir, Tetty Naibaho.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
08:21
03:43
06:21
13:18
01:24
Viral