Kabut Asap di Kota Meulaboh Akibat Kebakaran Lahan.
Sumber :
  • Chaidir Azhar

Puluhan Hektare Lahan Gambut Terbakar di Desa Suak Raya, Kota Meulaboh Diselimuti Kabut Asap

Sabtu, 29 Juli 2023 - 00:58 WIB

Aceh Barat, tvOnenews.com - Kabut asap akibat kebakaran lahan di kawasan Desa Suak Raya hingga memasuki desa Leuhan, Kecamatan Johan Pahlawan, malam mulai mengepung kota Meulaboh, Aceh.

Akibat kabut asap ini sejumlah warga mengeluhkan bauk menyengat dan susah bernafas bahkan pengguna jalan terpaksa mengurangi kecepatan kenderaannya akibat jarak pandang yang terbatas seperti di diruas jalan Manekro, jalan Imam Bonjol dan jalan Gajah Mada.

Seorang warga, Septiani mengatakan kabut asap yang mulai terjadi sejak selesai magrib tersebut membuat kondisi udara terasa berbau seperti arang. Kondisi tersebut tentunya menggangu pernafasan.

“Benar-benar tak enak udaranya, bikin sesak dan gak tau kabut asap apa, tapi bauknya seperti kebakaran lahan," katanya.

Kebakaran lahan dan hutan (Karhutla) yang melanda Kabupaten Aceh Barat yang diduga akibat pembukaan lahan baru tersebut dengan luas diperkirakan sudah mencapai 14 hektare.

Petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Barat sudah empat hari terakhir masih terus berupaya memadamkan api di lahan gambut yang terbakar di kawasan Desa Suak Raya hingga memasuki desa Leuhan, Kecamatan Johan Pahlawan.

"Ini merupakan operasi hari ke empat pemadaman lahan gambut terbakar. Mengenai luasannya masih dalam pendataan," kata Koordinator Tim Pemadam Kebakaran BPBD Aceh Barat, Ahmadsyah, di lokasi, Jumat (28/7/2023) petang.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:01
19:40
00:44
02:52
08:59
04:19
Viral