Menhub dan Pj. Bupati Mentawai cek pembangunan bandara di Mentawai..
Sumber :
  • Wahyudi Agus

Presiden Joko Widodo Dijadwalkan Bakal Resmikan Bandara Mentawai pada September 2023

Senin, 14 Agustus 2023 - 00:45 WIB

Mentawai, tvOnenews.com - Penjabat (Pj) Bupati Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, Fernando Jongguran Simanjuntak menerima kunjungan kerja Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi, Minggu siang (13/8/2023), dalam rangka meninjau Bandara Mentawai yang bakal diresmikan Presiden Jokowi.

Menteri Budi Karya Sumadi disela kunjungan ke Bandara Mentawai menyebutkan, jika Kemenhub saat ini sedang menjalankan arahan Bapak Presiden Joko Widodo untuk mengawal kegiatan konektivitas khususnya di daerah Terpencil, Terdepan, Tertinggal dan Perbatasan atau 3TP, seperti Mentawai agar terjaga dengan baik.

Tidak hanya selesai membangun infrastrukturnya, tetapi memastikan dapat dimanfaatkan dengan baik. Menhub Budi sendiri mengaku sudah 3 kali datang ke Bandara Mentawai di Rokot, Sipora Selatan ini. Dari sebelum dibangun, sedang dibangun, dan sekarang untuk mengawal proses pembangunannya dengan maksimal.

“Penjabat bupati agar aktif membuat event untuk memanfaatkan bandara yang sudah bagus ini dan harus meng ‘create’ kegiatan tertentu yang membuat daerah ini terus menjadi destinasi wisata,” pesan Budi Karya Sumadi kepada Pj Bupati Fernando Jongguran Simanjuntak.

Menhub mengungkapkan, Bandara Mentawai baru saja di selesaikan dan saat ini sedang menunggu proses penerbitan Sertifikat Bandar Udara, sehingga bisa dioperasikan tahun ini. Kemungkinan bulan depan Presiden Joko Widodo yang akan meresmikan di Mentawai.

Bandara Mentawai yang baru ini memiliki panjang Runway 1.500 x 30 meter sehingga dapat dilandasi pesawat yang lebih besar seperti ATR 72-600, berkapastitas maksimal 78 Penumpang. Sebelumnya, bandara lama hanya bisa dilandasi pesawat Cessna Grand Caravan kapasitas 12 orang dengan panjang Runway 850 x 23 meter.

Dengan Kapasitas pesawat yang meningkat dari 12 menjadi 78 orang per sekali terbang, Menhub berharap kehadiran bandara baru dapat meningkatkan jumlah pengunjung, khususnya wisatawan yang datang ke Mentawai.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:34
06:55
12:57
01:51
06:48
09:30
Viral