Helikopter 9N-AHT milik BNPB melakukan pemadaman dari udara di lahan gambut yang terbakar, Betung, Muarojambi, Jambi, Kamis (3/10/2019)..
Sumber :
  • Antara

Kebakaran Lahan Gambut di Muaro Jambi Akhirnya Bisa Dipadamkan

Sabtu, 2 September 2023 - 15:51 WIB

Jambi, tvOnenews.com - Kebakaran lahan di Kabupaten Muaro Jambi kian parah. Komandan Komando Resort Militer 042/Garuda Putih Brigjen TNI Supriono memimpin langsung pemadaman kebakaran lahan gambut di Dusun Setia Jaya, Desa Ramin, Kecamatan Kumpe Ulu, Muaro Jambi.

“Saya selaku Plh Dansatgas (Pelaksana Harian Komandan Satuan Tugas) Karhutla Provinsi Jambi beserta rombongan sejak kemarin (1/9) sudah melakukan pemadaman karhutla (kebakaran hutan dan lahan) yang terjadi di Blok C6 yang merupakan lokasi lahan gambut,” kata dia, Sabtu (2/9/2023).

Lokasi yang terbakar berupa lahan gambut di areal perkebunan kelapa sawit milik masyarakat seluas lebih kurang 25 hektare di RT09 Dusun Setia Jaya, Desa Ramin, Kecamatan Kumpe Ulu, Kabupaten Muaro Jambi.

“Tim di lapangan Desa Ramin, ada lokasi kebakaran yang semi gambut dan kami sangat mengharapkan baik kepada masyarakat, perusahaan, ataupun pihak lain agar jangan membakar lahan,” katanya.

Ia memastikan kebakaran lahan merugikan semua pihak, sedangkan pemadaman api juga harus melibatkan semua pihak yang tergabung dalam Satgas Karhutla, bahkan hingga mengerahkan helikopter dan perlengkapan lainnya untuk pemadaman api.

“Satgas sudah mengerahkan dua helikopter water bombing (pengebom air) untuk membasahi sekaligus mematikan api yang ada di lahan gambut dan ada 10 alat BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) berupa pompa air yg akan kita 'intake'-kan (masukkan, red.) pada gambut-gambut yang masih terbakar di bawah," kata dia.

Turut mendampingi Danrem Brigjen TNI Supriono dalam pemadaman kebakaran itu, antara lain Kasi Operasional Korem 042/Gapu, Dandim 0415/Jambi, Pelaksana Tugas Kepala BPBD Muaro Jambi, Camat dan Kapolsek Kumpeh Ulu, pihak PT Wira Karya Sakti (WKS) dan PT Fajar Pematang Indah Lestari (FPIL). Pada akhirnya, api dapat dipadamkan. (ant/wna)

 

 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:36
01:13
10:09
07:45
09:41
04:03
Viral