Sejumlah pengendara sepeda motor melintas di jalan utama Solok Selatan ditengah kabut asap yang mengakibatkan udara tidak sehat. (Antara/Erik).
Sumber :
  • Antara

Kualitas Udara Solok Selatan Tidak Sehat Akibat Kabut Asap

Rabu, 6 September 2023 - 12:26 WIB

Solok Selatan, tvOnenews.com - Hasil pemantauan Dinas Perumahan, Pemukiman, Lingkungan Hidup dan Perhubungan Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat kualitas udara di daerah  tidak sehat akibat kabut asap.

“Berdasarkan pemantauan Indeks Kualitas Udara (AQI) menggunakan aplikasi IQAir haru ini mencapai angka 164 dan ini berarti kualitas udara di Solok Selatan sudah tidak sehat akibat kabut asap dari kebakaran hutan dan lahan di daerah lain," kata Kepala Dinas Perumahan, Pemukiman, Lingkungan Hidup, dan Perhubungan Solok Selatan Wirnoveri, di Padang Aro, Rabu (6/9/2023).

Hasil pada aplikasi ini mengukur Particulate Matter 2.5 atau PM2.5, yaitu partikel udara yang berukuran kecil dari atau sama dengan 2.5 μm (mikrometer).

Pada angka AQI 164, PM2.5 menunjukkan level 80,2 μm/meter kubik. Angka ini jauh di ambang batas yang ditetapkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Pemerintah Kabupaten Solok Selatan merekomendasikan masyarakat untuk mulai menggunakan masker guna menjaga kesehatan.

Pemakaian masker katanya, untuk mengurangi risiko terpapar penyakit akibat kabut asap dampak kebakaran lahan.

“Rekomendasi kesehatan atas keadaan ini adalah mengurangi aktivitas di luar rumah, menutup jendela untuk menghindari masuknya udara kotor, dan untuk kelompok sensitif disarankan memakai masker," katanya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
07:50
06:25
05:02
05:06
03:25
02:07
Viral