Kepala Kantor Wilayah I Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) FGD di Kampus Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara (USU), Senin (11/09/2023).
Sumber :
  • Tim TvOne/Sri Gustina Hasan

KPPU: Daya Saing UMKM Indonsis Masih Lemah di Indonesia

Rabu, 13 September 2023 - 10:01 WIB

Medan, tvOnenews.com - Kepala Kantor Wilayah I Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) menegaskan dari sisi persaingan usaha, daya saing Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Indonesia masih lemah.

Dalam rangka melakukan program pengabdian Masyarakat Universitas Sumateran Utara (USU) Tahun 2023, Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara (USU) melalui Prof Dr Ningrum Natasya Sirait SH MLi melakukan Focus Group Discussion (FGD) dengan tema Kesiapan Dunia Usaha Menghadapi Integrasi Ekonomi ASEAN, Senin (11/09/2023).

Hadir pada kegiatan tersebut Ong Tze En Burton selaku EW Barker Centre for Law & Business Faculty of Law National University of Singapore dan Ridho Pamungkas selaku Kepala Kantor Wilayah I KPPU sebagai narasumber pada kegiatan tersebut.

Adapun peserta dari kegiatan dihadiri oleh perwakilan dari Kamar Dagang Industri Sumatera Utara (KADINSU), perwakilan Pemerintah Kota Medan dan mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara.

Ningrum menyampaikan bahwa USU sedang bertransformasi ke arah berbagai perubahan, salahsatunya mencapai standar penilaian bertaraf internasional.

“Secara substansi, materi ini sangat penting kami lakukan, karena sejak lama ekonomi Indonesia sudah terintegrasi dengan ekonomi internasional, tetapi sering kali terkendala karena faktor-faktor politik di Indonesia. Harapannya ini dapat menjadi wadah reformasi bagi integrasi ekonomi Indonesia dan ekonomi dunia. Adanya Integrasi Ekonomi ASEAN ini tentu menjadi sebuah peluang dan tantangan, apakah masyarakat Indonesia siap dalam menghadapi Integrasi Ekonomi ASEAN?, “ kata Ong Tze En Burton.

Ia juga menyampaikan bahwa langkah Singapura dalam menghadapi integrasi ASEAN yaitu Singapura melakukan pembenahan layanan yang berbasis pengetahuan, sektor teknologi tinggi dan ekonomi domestik kewirausahaan.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:38
03:09
10:13
04:52
03:06
01:24
Viral