Pulau Simuk.
Sumber :
  • Tim tvOne/One Man

Tolong! Pulau Simuk Nias Dilanda Gelombang Tinggi, Warga Terancam Kelaparan

Kamis, 21 September 2023 - 01:28 WIB

Nias, tvOnenews.com - Tiga minggu diterjang cuaca buruk angin kencang hingga gelombang besar, pulau terluar yang terdapat di Kabupaten Nias Selatan yakni Pulau Simuk terisolasi karena tidak adanya kapal yang berlayar untuk mendistribusikan pasokan kebutuhan pokok bagi tiga ribu seratus jiwa warga yang mendiami enam desa di pulau terluar tersebut.

Cuaca buruk yang melanda perairan laut di Kabupaten Nias Selatan, di mana Kepulauan Tello yang terdiri dari 101 pulau kecil masuk dalam kawasan Kabupaten Nias Selatan.

Dari sekian pulau tersebut, Kecamatan Simuk sekaligus Pulau Simuk merupakan pulau terluar yang berhadapan dengan Samudera Hindia langsung berhadapan dengan kawasan laut bebas.

Untuk menuju ke Pulau Simuk, jarak tempuh yang digunakan jika menaiki kapal laut dari Teluk Dalam, ibu kota Nias Selatan membutuhkan waktu hingga lima jam pelayaran.

Akibat cuaca buruk selama tiga pekan terakhir, logistik yang semestinya setiap sekali seminggu sudah masuk di Pulau simuk hingga kini belum bisa terdistribusikan. Bahkan 3.100 warga di Enam Desa di Kecamatan Simuk terancam kelaparan.

Sebelumnya sejumlah alat transportasi laut yang melayani pendistribusian logistik di Pulau Simuk terdapat sekitar dua kapal kayu yang berkapasitas 10 GT tidak bisa beroperasi karena tidak mampu melawan badai yang cukup besar di perairan laut Kepulauan Tello yang berhadapan langsung dengan laut bebas.

Akibat cuaca buruk yang terus menerus terjadi, warga mulai resah dan mulai kehabisan pasokan kebutuhan pokok  berupa beras dan kebutuhan lainnya sehingga mereka membutuhkan perhatian dan bantuan agar segera ada pasokan beras masuk dibawa ke Pulau Simuk.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:38
03:09
10:13
04:52
03:06
01:24
Viral