Pede, makanan persentasi khas Muba.
Sumber :
  • Tim tvOne / Pujakusuma

Pede Atau Rusip ini Makanan Peninggalan Nenek Moyang Asal Musi Banyuasin

Minggu, 24 September 2023 - 09:19 WIB

Musi Banyuasin, tvOnenews.com - masakan dan makanan spcial warga Musi Banyuasin, Sumatra Selatan ini, menjadi ciri khas. Makanan ini cukup terkenal di wilayah Sumatra Selatan, namanya pede atau Rusip. Biasanya Pede ini dibuat sambal, sebagai penambah selera makan.

 

Nah makanan persentasi ini berbahan dasar ikan air tawar, seperti ikan sepat, ikan seluang, ikan gabus, ikan baung, dan ikan patin. Untuk membuatnya, siapkan ikan air tawar yang sudah dibersihkan, kemudian siapkan Nasi yang sudah disangrai, siapkan juga garam, gula merah secukupnya.

 

Campurkan semua bahan, lalu diamkan beberapa hari didalam toples, kurang lebih Tiga atau Empat hari sudah bisa untuk dimasak. Setelah itu untuk membuat olahan pede ini  diperlukan bahan seperti, pede yang sudah dimasak, bawang putih, bawang merah, cabe rawit, gula pasir, minyak goreng dan penyedap rasa. 

 

"Pede ini paling lezat untuk di tumis atau Dibuat campuran sambel, ini salah satu makanan favorit keluarga kami, dan ini adalah makanan peninggalan asli nenek moyang kami warga Musi Banyuasin. Rasanya menggigit lidah dan aromanya sungguh nikmat" ungkap Melinda warga Sukarame Sekayu, Minggu(24/9/2023).

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:38
03:09
10:13
04:52
03:06
01:24
Viral