Proses evakuasi salah satu pekerja tambang yang tewas.
Sumber :
  • Tim tvOne/Jasa Manurung

Lokasi Tambang Batu Padas Longsor di Asahan, Dua Pekerja Tewas dan Satu Kritis

Sabtu, 30 September 2023 - 16:10 WIB

Asahan, tvOnenews.com - Lokasi tambang batu padas atau galian C di Desa Marjanji Aceh, Kecamatan Aek Songsongan, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara mengalami longsor, Jumat (29/9/2023) sore. Akibatnya, dua pekerja tambang meninggal dunia di lokasi kejadian dan satu pekerja lainnya dilarikan ke rumah sakit terdekat karena kondisinya kritis.

Kedua pekerja tambang yang tewas itu adalah Fahmi warga Aek Nagaga, dan Nogaya warga Aek Sitinjak, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara. Sementara seorang korban yang kritis belum diketahui indentitasnya. Ketiganya tertimpa batu besar yang tiba-tiba saja longsor dari dinding tebing, sehingga menjepit korban yang berusaha menyelamatkan diri. Ketiganya terjepit di antara batu padas berukuran besar dengan truk pengangkut batu tersebut.

"Setalah kita mengetahui adanya longsor yang mengakibatkan dua pekerja tewas, kita langsung ke lokasi kejadian dan mengetahui lokasi ini sudah steril dan garis polisi, setelah kita lihat lokasinya, diduga longsor ini diakibatkan karena adanya aliran air yang menggerus dinding galian," kata Fachri Harahap, Kabid Kedaruratan BPBD Asahan, Sabtu (30/9/2023).

Ia mengimbau agar pemilik tambang untuk tidak lagi melakukan pengerjaan galian, karena kondisinya yang masih rawan longsor.

Sementara itu, polisi akan melakukan penyidikan dan penyelidikan atas kejadian ini. "Baru dilimpahkan ke reskrim laporannya, dan akan kami lakukan penyidikan dan penyelidikan," ujar AKP Rianto, Kasatreskrim Polres Asahan kepada tvOnenews, dan pihaknya juga akan mendalami tentang dugaan lokasi galian C itu tidak mempunyai izin penambangan. (jmg/wna)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:20
02:07
03:49
01:14
08:35
01:28
Viral