Sabun kecantikan berkadar vitamin C dan antioksidan dibuat dari daun jeruju oleh Dosen Prodi Farmasi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Jambi Uce Lestari, Rabu (11/10/2023)..
Sumber :
  • Antara

Dosen Unja Olah Daun Jeruju Jadi Sabun Kecantikan, Simak Manfaatnya

Rabu, 11 Oktober 2023 - 22:31 WIB

Jambi, tvOnenews.com - Dosen Prodi Farmasi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Jambi membuat inovasi dari tanaman jeruju menjadi sabun kecantikan yang memiliki kadar vitamin C dan antioksidan yang tinggi.

"Jeruju adalah tanaman yang memiliki potensi untuk menghasilkan produk yang beragam dan bermanfaat seperti menghasilkan biji yang dapat diekstraksi untuk memproduksi minyak jeruji yang kaya akan nutrisi dan sering digunakan dalam produk perawatan kulit dan rambut,” kata Uce, Dosen Prodi Farmasi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Unja, Rabu (11/10/2023).

Berdasarkan riset yang dilakukannya, diketahui daun jeruju yang dapat menghasilkan prototype seperti sampo anti ketombe, hand sanitizer, krim anti jerawat, dan krim SPF. Saat ini dia juga melakukan penelitian menformulasi ekstrak daun jeruju menjadi sabun padat antiseptik.

Sabun yang diolah dari tanaman jeruju memiliki manfaat kesehatan dan kecantikan yang tinggi tidak hanya sebagai antiseptik, tetapi jeruju juga mengandung zat aktif seperti vitamin C dan antioksidan alami yang bermanfaat untuk merawat kulit.

Jeruju merupakan tumbuhan yang biasanya tumbuh di daerah pesisir dan rawa-rawa, banyak ditemukan di wilayah pesisir Tanjung Jabung Timur, Jambi.

Dia menjelaskan, tanaman jeruju mengandung senyawa kimia seperti saponin, flavonoida dan polifenol sehingga banyak memiliki aktivitas sebagai antioksidan dan anti bakteri.

Tanaman jeruju memiliki manfaat yang signifikan sebagai bahan baku dalam pembuatan sabun padat. Daun jeruju mengandung senyawa-senyawa alami seperti saponin dan asam lemak, yang memiliki kemampuan untuk membersihkan dan menghasilkan busa yang baik.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:13
10:09
07:45
09:41
04:03
02:45
Viral