Presiden Jokowi resmikan Bandar Udara Mentawai, Rabu 25 Oktober 2023..
Sumber :
  • Tim tvOne/Wahyudi Agus

Presiden Jokowi Resmikan Bandara Baru di Kabupaten Kepulauan Mentawai

Rabu, 25 Oktober 2023 - 23:40 WIB

Mentawai, tvOnenews.com - Presiden RI, Joko Widodo resmikan Bandar Udara Mentawai (BUM) di Kabupaten Kepulauan Mentawai yang merupaan salah satu pulau terluar yang ada di Provinsi Sumatera Barat, Rabu (25/10/2023).

Peresmian bandara baru ini diharapkan mampu mendatangkan lebih banyak kunjungan wisata ke daerah tersebut yang tidak saja melalui jalur atau transportasi laut seperti yang sudah ada saat ini.

Jokowi dalam sambutan peresmiannya menyebutkan, sebelumnya bandara ini yang sebelumnya bernama Bandara Rokot, hanya bisa dilandasi pesawat Cessna Grand Caravan berkapasitas 12 orang dengan panjang runway 850 x 23 meter.

"Mentawai adalah salah satu daerah terluar yang mana bandaranya sebelumnya kurang mumpuni. Dan selama ini hanya bisa didarati oleh pesawat yang berpenumpang 12 orang, namun dengan adanya bandara baru ini, memungkinkan pesawat ATR dan private jet bisa ke sini," kata Presiden Jokowi.

Ia menambahkan, Bandara Mentawai yang baru memiliki panjang runway 1.500 x 30 meter, sehingga dapat dilandasi pesawat yang lebih besar berkapasitas maksimal 78 penumpang.

Sekali lagi, presiden meyakini, bandara baru itu pastinya akan meningkatan konektivitas kunjungan wisata serta dapat membantu mendorong perekonomian di Mentawai.

“Daerah Mentawai memiliki potensi dan daya tarik utama yang bisa dikembangkan yaitu wisata selancar atau surfing yang terkenal. Dan pastinya ke depan jumlah kunjungan wisatawan akan meningkat dengan hadirnya akses layanan bandara yang semakin baik,” sebut Jokowi lagi.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:34
06:55
12:57
01:51
06:48
09:30
Viral