Kondisi kabut asap di Palembang..
Sumber :
  • Tim tvOne/Pebri

Kualitas Udara Palembang Kembali Buruk Akibat Kabut Asap, ISPU Capai 285 Sangat Tidak Sehat

Sabtu, 28 Oktober 2023 - 11:25 WIB

Palembang, tvOnenews.com - Meskipun beberapa hari ini Kota Palembang diguyur hujan, namun kabut asap akibat karhutla kembali menyelimuti Kota Palembang. Berdasarkan data dari Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) di Kota Palembang, untuk update per tanggal 28 Oktober 2023 pukul 07.00 WIB pagi berada di angka 285 atau masih berada di kategori sangat tidak sehat.

Iwan warga Plaju mengatakan, walaupun hunjan turun, namun tak kunjung mengurangi kabut asap terutama di pagi hari. Ia bahkan mencemaskan angka kasus ISPA bakal meningkat.

"Kabut asapnya sangat tebal, untuk berkendara memang harus hati-hati. Apalagi, pada pagi hari rumah harus tetap ditutup agar udara tak tercemar," katanya, Sabtu (28/10/2023).

Sementara, Kepala Unit Analisa dan Prakiraan Stasiun Meteorologi SMB II Palembang Sinta Slamet Andayani, menjelaskan bahwa saat ini sedang memasuki musim pancaroba, sehingga masyarakat diharapkan waspada adanya potensi angin kencang dan hujan deras.

Namun demikian, perlu diwaspadai jika hujan disertai angin kencang, akan membahayakan aktivitas pelayaran. "Potensi kilat disertai petir juga berpotensi terjadi tak hanya di darat maupun daerah perairan. Jadi, hujan lebat dan angin kencang meski cuaca secara umum baik,” ungkap Sinta.

Selama musim peralihan cuaca ekstrim dengan potensi hujan lebat, warga diminta waspada sampai dengan awal bulan November karena memasuki musim penghujan.

Selain itu, warga yang berada di wilayah Sumsel yang dikelilingi sungai besar, seperti Sungai Musi, Komering hingga Lematang diharapkan tetap waspada akan potensi bencana. "Kita mengimbau masyarakat waspada banjir dan genangan. Tingkatkan kewaspadaan longsor serta banjir bandang,” ujarnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:24
02:47
02:23
01:31
03:15
01:19
Viral