Polisi saat melakukan penggerebekan di salah satu TKP tambang batubara ilegal..
Sumber :
  • Tim tvOne/Kiki Habibi

Polres Muaraenim Sikat Tambang Ilegal, 30 Orang Beserta Tujuh Alat Berat Diamankan 

Senin, 30 Oktober 2023 - 13:54 WIB

Muaraenim, tvOnenews.com - Polres Muara Enim dibantu Batalyon D Pelopor Satbrimob Polda Sumsel sikat tambang ilegal secara besar-besaran. Tak tanggung-tanggung 30 orang beserta tujuh alat berat diamankan dari lokasi tambang ilegal.

Penindakan tambang ilegal tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Muaraenim, AKBP Andi Supriadi, dengan melibatkan sekitar 202 personel yang diterjunkan ke tiga titik tambang ilegal yang ada di Desa Penyandingan dan Tanjung Lalang, Kecamatan Tanjung Agung, Kabupaten Muaraenim.

"Masih kami dalami peran antara satu orang dengan orang yang lain, ada yang pemilik tambang, penambang, checker (pencatat di dalam keluar masuknya mobil), helper (asisten operator), operator dan sopir truk," jelas Kapolres Muara Enim, AKBP Andi Supriadi.

Andi mengatakan, Polres Muara Enim mengerahkan kekuatan penuh dan tidak main-main untuk menertibkan penambangan ilegal ini. "Kita masih koordinasi terus dan lakukan gelar perkara, ke depannya akan kita tetapkan sebagai tersangka," katanya.

Lebih lanjut, Andi mengungkapkan, setelah dilakukan pengecekan di TKP, tambang yang digali ternyata areanya tidak jauh dari tower sutet.

"Itu berbahaya sekali antara dua sutet sehingga pola pikir penambang ini juga sendiri sudah tidak rasional, ini akan mengakibatkan untuk kepentingan umum, kemudian juga pengelolaan lingkungan (tambang) yang mereka gali setelah itu ditinggalkan," ungkapnya. 

Polres Muaraenim ungkap praktik tambang batubara ilegal. (tim tvOne/ Kiki Habibi)

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
03:49
01:14
08:35
01:28
01:58
Viral