Petugas melakukan pemeriksaan seekor gajah liar jantan bernama Dugul yang ditemukan mati kurus di Taman Nasional Way Kambas (TNWK) Lampung Timur..
Sumber :
  • Tim tvOne/Pujiansyah

Sempat Ditemukan Cacing pada Feses Gajah yang Mati di TNWK Lampung

Rabu, 27 Desember 2023 - 13:00 WIB

Lampung Timur, tvOnenews.com - Dugul, gajah Sumatera di Taman Nasional Way Kambas (TNWK) Lampung sebelum mati sempat dilakukan uji kesehatan. Pengujian dilakukan dengan mengecek kesehatan Dugul dari pemeriksaan feses. Hasilnya, ditemukan cacing di feses Dugul itu.

Humas TNWK Lampung, Sukatmoko mengatakan pengecekan kesehatan itu dilakukan setelah pemantauan petugas balai yang mendapati Dugul mengalami penyusutan berat badan. "Belum lama ini memang dicek fesesnya," kata dia, Rabu (27/12).

Menurutnya, cacing di feses gajah liar terbilang hal wajar. Sebab, gajah liar bisa secara alamiah menyembuhkan diri dari parasit itu.

"Karena memang ini gajah liar, biasanya mereka itu kalau ada penyakit cacing bisa mengatasi atau mengobatinya sendiri dengan memakan tanaman-tanaman sebagai obat alaminya," jelas dia. 

Diketahui, Dugul adalah gajah yang sangat berbeda dengan kawanan gajah pada umumnya yang ada di kawasan hutan Way Kambas Lampung Timur.

"Gajah ini disebut soliter, yang artinya dirinya selalu hidup menyendiri. Meski tak memiliki gading, namun sangat ditakuti oleh kawanan gajah lain yang ada di hutan Way Kambas sejak lama ini," papar Sukatmoko.

Gajah Dugul selama ini telah dipasang GPS Collar guna memonitor posisi daerah jelajahnya serta mendeteksi konflik pada 2019 dan awal 2023.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
07:05
07:53
01:23
05:26
13:30
02:11
Viral