Petugas mengukur badan gajah yang baru lahir..
Sumber :
  • tim tvOne/Pujiansyah

Bayi Gajah Betina Lahir di Taman Nasional Way Kambas Lampung

Kamis, 29 Februari 2024 - 15:02 WIB

Lampung Timur, tvOnenews.com - Seekor bayi gajah Sumatera (elephas maximus sumatranus) berjenis kelamin betina lahir di Pusat Latihan Gajah (PLG) Taman Nasional Way Kambas (TNWK), Senin (26/2).

Anak gajah itu lahir dari indukan Pleno, gajah betina berumur 34 tahun. Itu merupakan kelahiran keempat indukan tersebut. Saat ini bayi gajah belum diberikan nama.

Plt Kepala Balai TNWK, Hermawan, mengatakan bayi gajah betina tersebut lahir dengan keadaan sehat dengan berat badan 69 Kg, tinggi bahu 72 Cm, lingkar dada 98 Cm, panjang badan 87 Cm, panjang ekor 50 Cm, lingkar tapak kaki depan 44 Cm, lingkar tapak kaki belakang 44 Cm," kata dia, Kamis (29/2/2024).

Selain itu, kondisi indukan Pleno juga sehat. "Saat ini induk gajah diberikan makanan tambahan berupa rumput dari ladang pakan, dan vitamin via injeksi untuk memulihkan kondisi pascamelahirkan dan menambah kualitas air susunya," jelas dia.

Sesaat setelah melahirkan, masih kata Hermawan, Tim Medis Rumah Sakit Gajah PLG – TNWK melakukan penanganan intensif terhadap anak dan induk gajah. Tujuannya untuk memastikan keadaan mereka berdua sehat. 

Secara rinci, penanganan pada induk gajah Pleno, dilakukan dengan pembersihan pada saluran reproduksi dengan menyemprotkan antiseptik. Dan pada anak gajah dilakukan pembersihan pada pusarnya.

Dengan lahirnya anak gajah ini maka menambah populasi gajah yang ada di PLG. ”Semoga kelahiran ini akan memberi semangat baru dalam pelestarian satwa prioritas dan menambah populasi gajah Sumatera di PLG-TNWK," ucapnya. (puj/wna)

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
08:35
01:58
02:37
01:03
01:46
07:04
Viral