Dermaga tempat sandarnya kapal nelayan di perairan Laut Sibolga..
Sumber :
  • Tim TvOne/ Swandi

Kapal Nelayan Sibolga Hilang Kontak di Perairan Pini, 5 ABK belum Ditemukan

Sabtu, 8 Januari 2022 - 15:21 WIB

Sibolga, Sumatera Utara - Kapal nelayan asal Kota Sibolga dikabarkan hilang kontak saat berlayar di perairan Sumatera Barat. Koordinator Pos SAR Sibolga, Hari Susanto membenarkan pihaknya telah menerima laporan terkait peristiwa itu, Rabu (5/1/2022), dari pemilik kapal bernama Kirin Tanjung.

Menurut keterangan pelapor, kata Hari, dua unit kapal yaitu KM Mela I dan KM Mela II secara bersamaan berangkat melaut sejak bulan September 2021. Namun, pada akhir bulan Desember, salah satu dari dua kapal tersebut terpisah dan hilang kontak saat berlayar menuju pulang ke Sibolga.

Diduga KM Mela I dengan jumlah anak buah kapal (ABK) lima orang yaitu Sudiman (nakhoda), Syahnan Lubis, Sahban, Adi dan Agus mengalami masalah akibat cuaca buruk di sekitaran Pulau Pini, Nias Selatan.

"Peristiwa kapal hilang kontak sudah 16 hari yang lalu. Trouble-nya (masalahnya) sekitar tanggal 22-23 Desember. Kapal Mela II kembali ke pangkalan, tapi Mela I tak kunjung kembali. Kapalnya seperti kapal GT lima mesin Robin. Itu sesuai laporan dari pemilik kapal," jelas Hari Susanto (8/1/2022).

Hari menyesalkan keterlambatan pemilik kapal melaporkan kejadian ini kepada pihak SAR Sibolga.
Meski demikian, kata Hari, Pos SAR Sibolga telah berkoordinasi dengan Basarnas Padang, Mentawai, dan Nias untuk upaya pencarian, serta menyebar informasi kepada seluruh kapal nelayan agar bisa membantu menemukan keberadaan KM Mela I beserta para ABK yang hilang.

"Saya bilang, kenapa sudah 16 hari baru melapor. Kalau sudah 16 hari yang lalu peristiwa kapal hilang kontak agak sulit mencarinya. Tapi, kita tetap koordinasikan aja dengan Basarnas daerah hilangnya kapal. Kemudian, kita mapel-kan (maklumat pelayaran) ke kapal-kapal yang melintas," kata Koordinator SAR Sibolga Hari Susanto. (Swandi/Wna)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:16
09:06
09:00
01:35
02:53
03:01
Viral