Penampakan Gajah Merusak Lahan Warga.
Sumber :
  • Chaidir

Diduga Terganggu Tambang Emas Ilegal, Puluhan Gajah di Aceh Barat Turun ke Pemukiman Warga

Minggu, 23 Januari 2022 - 15:49 WIB

Aceh Barat, Aceh- Warga Desa Paya Meugendrang, Kecamatan Woyla Timur, Kabupaten Aceh Barat diresahkan dengan kehadiran gajah liar yang terjadi selama dua hari terakhir ini.

Pasalnya kehadiran gajah liar telah mengganggu perkebunan sawit warga daerah tersebut. Selain merusak tanaman, gajah liar yang diduga bergerombolan tersebut juga memakan tanaman warga.

Seringnya terjadi gangguan gajah liar tersebut diduga akibat maraknya pertambangan emas ilegal sehingga merusak habitat para gajah.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Barat, Ahmad Yani menyebut informasi yang ia peroleh dari masyarakat gangguan gajah liar tersebut kerap terjadi bukan hanya dua hari terakhir.

"Dari laporan masyarakat sudah sering turun ke pemukiman dan merusak kebun warga. Sudah dua hari terakhir ini gangguang terjadi di Paya Meugendrang, beberapa waktu lalu juga di desa tetangga Krueng Bhee," kata Ahmad Yani,  Minggu (23/1/2022).

Ahmad Yani menyebutkan kerapnya gangguan gajah liar terjadi disebabkan oleh maraknya tambang emas ilegal yang merusak kawasan hutan sekitar.

Kata dia, lokasi turunnya gajah liar tersebut tidak berada jauh dengan lokasi tambang emas ilegal yang ada di Kecamatan Woyla Timur.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral