Disnaker Sumut dan Serikat Buruh Gelar Pertemuan di Kantor Disnaker Sumut Jalan Asrama Medan.
Sumber :
  • Tim TvOne/Fahmi

Besok Disnaker Sumut dan Serikat Buruh Kunjungi “Rehabilitasi” Milik Terbit Rencana

Kamis, 27 Januari 2022 - 19:44 WIB

Medan, Sumatera Utara - Elemen buruh dari berbagai serikat di Provinsi Sumatera menggelar pertemuan dengan Baharuddin Siagian selaku Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi Sumatera Utara (Disnaker Sumut), Kamis (27/01/2022).


Willy Agus Utomo selaku Ketua Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia Sumatera Utara (FSPMI Sumut) didampingi sepuluh ketua serikat lainya menyampaikan, audiensi ini dalam rangka menyampaikan aspirasi kawan-kawan pengurus buruh yang ada di Sumatera Utara menanggapi berita dugaan penjara buruh milik Bupati Langkat nonaktif Terbit Rencana Peranginangin.


"Untuk menyikapi fakta lapangan yang terjadi, maka kami berharap Disnaker dan SP SB se-Sumut dapat turun ke lapangan bersama dengan membentuk tim ivestigasi atau cek fakta apa yang sesungguhnya terjadi," ucap Willy.


Willy juga mengatakan, belakangan muncul versi bahwa warga binaan itu bukan pekerja melainkan sebagai pasien rehabilitasi pencandu narkoba yang dikelola secara mandiri oleh Terbit Rencana Peranginangin.


"Kita tetap percayakan kepada hasil penegakan hukum, tapi apabila nantinya ditemukan ada kaitannya dengan pelanggaran ketenagakerjaan apalagi dugaan pelanggar HAM, kita harus ungkap hal ini secara transparan," tegas Willy.


Sementara itu, menurut Kepala Dinas Tenaga Kerja Sumut Baharuddin, pihaknya juga sedang melakukan penyelidikan terkait dugaan praktik “perbudakan modern” yang dilakuan Terbit Rencana Peranginangin. "Besok kita bersama, kita sewa bus dan kendaraan pribadi lainnya, tim ini nantinya kita bentuk jangka waktu tentatif sampai ada kesimpulan bersama," ucap Bahruddin. (Fahmi/Wna)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral