Tabulasi data Informasi Gempa Bumi BMKG.
Sumber :
  • Tim TvOne/BMKG

Gempa Bumi Magnitudo 4.8 SR Guncang Bengkulu

Kamis, 7 April 2022 - 15:06 WIB

Bengkulu - Gempa bumi berkekuatan 4.8 Scala Richter (SR) guncang Bengkulu pada Kamis (7/4/2022), pukul 13:36:41 WIB. Gempa tektonik dengan episenter terletak pada koordinat 4.16 Lintang Selatan dan 102.06 Bujur Timur yang berlokasi di laut pada jarak 58 kilometer Barat Daya Seluma-Bengkulu dengan kedalaman 60 kilometer.

Disampaikan Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Kepahyang Litman, lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat aktivitas Zona Subduksi (Megathrust) di Pesisir Barat Pulau Sumatera.

"Gempa ini diakibatkan adanya Lempeng Indo-Australia menyelusup menunjam ke bawah Lempeng Eurasia,” kata Litman.

Ia juga menambahkan, dampak gempa bumi yang tergambar oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa ini dirasakan di wilayah Kota Bengkulu dengan Skala Intensitas II - III MMI.

"Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang, getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu,” ungkapnya. 

Pascagempa bumi terjadi, belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi. Begitupun hasil monitoring BMKG belum menunjukkan aktivitas gempa bumi susulan. Petugas BMKG mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. (Miko/Wna)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral